Senin 21 Mar 2022 06:18 WIB

BMM dan Muamalat Bantu Penyintas Gempa Pasaman

Bantuan ini juga berupa peralatan berikut kebutuhan dapur darurat

Bantuan BMM dan BMI untuk penyintas gempa Pasaman
Foto: Dok BMM
Bantuan BMM dan BMI untuk penyintas gempa Pasaman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Baitulmaal Muamalat (BMM) berkolaborasi dengan Bank Muamalat Indonesia memberikan berbagai bantuan untuk para penyintas gempa Pasaman dan Pasaman Barat, Sumatra Barat (Sumbar). Seperti diketahui, gempa  melanda Pasaman pada 25 Februari 2022 lalu. 

Gempa berkekuatan magnitudo (M) 6,1 tersebut menyebabkan lebih dari 14.000 warga Sumatra Barat mengungsi dan berdampak terhadap berbagai kerusakan infrastruktur yakni teridentifikasi rumah rusak sebanyak 1.346 unit, serta fasilitas terdampak yang meliputi fasilitas pendidikan 14 unit, kantor pemerintah 48 unit, tempat ibadah 22 unit dan fasilitas kesehatan 2 unit di Kabupaten Pasaman Barat. Selain itu, kerusakan juga terjadi di Pasaman meliputi rumah 1.000 unit, fasilitas ibadah 1 unit, fasilitas pendidikan 2 unit dan kantor 2 unit.  

BMM bersama Bank Muamalat memberikan bantuan dalam empat tahap pada 1-4 Maret 2022 kepada 552 kepala keluarga atau sekitar 1.440 jiwa di berbagai lokasi yaitu Kp. Padang Pasar Lamo, Nagari Kajai, Kec.Talamau, Kab. Pasaman Barat, Kp. Aya Apuang, Kp. Melayu, Kp. Padang, Kp. Tokyang, Jorong 1, Nagari Malampah Kec. Tigo Nagari, dan Kab. Pasaman Timur. Berbagai bantuan yang diberikan diantaranya berupa peralatan mandi, tenda darurat, pakaian layak pakai, peralatan tidur, makanan siap santap, beras 1.050 kg, telur 230 kg, gula 80 kg, mie instan 70 dus, air mineral, susu UHT, makanan ringan. Bantuan ini juga berupa peralatan berikut kebutuhan dapur darurat serta kebutuhan anak dan balita seperti seperti popok, minyak angin, bikuit juga kebutuhan mendesak lainnya. Selain itu, BMM dan Bank Muamalat juga mendirikan dua unit posko pengungsian dan dua unit dapur umum.

photo
Bantuan BMM dan BMI untuk penyintas gempa Pasaman - (Dok BMM)

Awaldi selaku Direktur Operasi Bank Muamalat mengatakan BMM dan Bank Muamalat hadir dengan bantuan darurat berupa sembako. “Mudah-mudahan bisa menjadi bantuan pertama sebelum nanti  juga akan memberikan bantuan recovery rumah, sekolah, masjid dan lain-lain. Mudah-mudahan bisa memberikan mereka semangat dan merasa ada yang membantu. Semoga saudara-saudara kita yang ada di Pasaman Barat dan Pasaman ini segera cepat recovery dan kembali semangat seperti sedia kala,” jelas dia lewat keterangan tertulis kepada Republika, Senin (21/3).

Direktur Eksekutif Baitulmaal Muamalat Novi Wardi berharap, bantuan yang diberikan ini dapat membuat warga terdampak menjadi lebih cepat bangkit. “Tentunya kami juga membutuhkan support dari masyarakat untuk bahu membahu membantu saudara kita. Terima kasih kepada semua pihak yang sudah bergotong royong, terutama para donatur yang telah mempercayakan amanah ini kepada BMM” Ujar Novi Wardi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement