Senin 21 Mar 2022 02:20 WIB

Rusia Minta Google Hentikan Aksinya Sebarkan Ancaman

Rusia menilai Google propagandakan anti-pemerintah kepada rakyat Rusia

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Google (Ilustrasi). Rusia menilai Google propagandakan anti-pemerintah kepada rakyat Rusia
Foto: Wired
Google (Ilustrasi). Rusia menilai Google propagandakan anti-pemerintah kepada rakyat Rusia

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW — Rusia pada Jumat (18/3) menuntut agar Google Alphabet Inc berhenti menyebarkan ancaman terhadap warga Rusia melalui video yang diunggah di YouTube-nya, sebuah langkah yang dapat menandakan pemblokiran layanan di wilayah Rusia.  

Hingga kini belum ada tanggapan dari perwakilan Google di Rusia maupun di luar Rusia, mengenai permintaan tersebut. 

Baca Juga

Dilansir dari Alarabiya, Sabtu (19/3), Regulator, Roskomnadzor, mengatakan iklan di platform menyerukan sistem komunikasi Rusia dan jaringan kereta api Belarus untuk ditangguhkan dan bahwa penyebarannya adalah bukti posisi raksasa teknologi Amerika Serikat anti-Rusia.

Tidak disebutkan akun mana yang menayangkan iklan tersebut. "Tindakan administrasi YouTube bersifat teroris dan mengancam kehidupan dan kesehatan warga Rusia," kata regulator.  

Roskomnadzor dengan tegas menentang kampanye iklan semacam itu dan menuntut agar Google berhenti menyiarkan video anti-Rusia sesegera mungkin. 

Itu adalah salvo terbaru berturut-turut antara Moskow dan perusahaan teknologi asing di Ukraina. YouTube, yang telah memblokir media yang didanai negara Rusia secara global, berada di bawah tekanan berat dari regulator komunikasi dan politisi Rusia.  

Rusia juga marah karena Meta hanya mengizinkan Ukraina yang menggunakan media sosial untuk mengirim pesan seperti "matilah penjajah Rusia". Karena itu, Moskow juga memblokir Instagram pekan ini, yang telah menghentikan akses ke Facebook. 

Mantan Presiden Rusia Dmitry Medvedev, menulis kritik keras terhadap perusahaan media sosial asing, mengoreksi nama baik Meta dan YouTube, tetapi dia mengisyaratkan bahwa pintu yang mengarah ke kemungkinan kembalinya mereka ke pasar Rusia akan dibiarkan terbuka.  

“Para 'penjaga' kebebasan berbicara dengan sangat serius mengizinkan pengguna media sosial mereka untuk mendoakan kematian pada militer Rusia," kata Medvedev, yang menjabat sebagai presiden dari 2008 hingga 2012 dan sekarang menjadi Wakil sekretaris Dewan Keamanan Rusia. 

Medvedev mengatakan bahwa Rusia memiliki alat dan pengalaman yang diperlukan untuk mengembangkan media sosialnya sendiri, dengan mengatakan “permainan satu arah” dari perusahaan-perusahaan Barat yang mengendalikan arus informasi tidak dapat dilanjutkan. 

“Untuk kembali, mereka harus membuktikan independensi dan sikap baik mereka kepada Rusia dan warganya,” tulis Medvedev di saluran telegramnya. 

“Namun, itu bukan fakta bahwa mereka akan dapat mencelupkan jari kaki mereka ke dalam air yang sama dua kali,” tambah Medvedev. 

Facebook, telah memecahkan rekor aktivitas di platformnya sejak Rusia mengirim pasukan ke Ukraina pada 24 Februari.

Situs itu menarik 300 ribu pengguna baru dalam dua pekan setelah Rusia memulai operasi khusus untuk menurunkan kemampuan militer Ukraina dan membasmi orang-orang yang disebutnya nasionalis berbahaya.  

Pada hari Instagram diblokir di Rusia, VKontakte mengatakan pemirsa domestik hariannya tumbuh sebesar 8,7 persen menjadi lebih dari 50 juta orang, sebuah rekor baru.  

Pengusaha teknologi Rusia mengatakan mereka akan meluncurkan aplikasi berbagi gambar Rossgram di pasar domestik untuk membantu mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Instagram. Pada November, Gazprom Media meluncurkan Yappy sebagai saingan domestik platform berbagi video TikTok. 

 

Sumber: alarabiya 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement