Ahad 20 Mar 2022 22:25 WIB

Presiden Israel Hadiri Peringatan 10 Tahun Serangan Sekolah Yahudi di Prancis

Herzog dan Macron akan meletakkan karangan bunga di sekolah yang bernama Ozar HaTorah

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Friska Yolandha
 Presiden Israel Isaac Herzog (kanan).
Foto: EPA-EFE/ STR
Presiden Israel Isaac Herzog (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS – Presiden Israel Isaac Herzog melakukan kunjungan ke Prancis, Ahad (20/3/2022). Selain melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Emmanuel Macron, Herzog memiliki beberapa agenda lain dalam lawatannya.

Dilaporkan laman Times of Israel, saat berada di Prancis, Herzog diagendakan menghadiri upacara peringatan 10 tahun serangan teroris di sebuah sekolah Yahudi di Toulouse. Herzog dan Macron akan meletakkan karangan bunga di sekolah yang bernama Ozar HaTorah tersebut. Serangan 2012 ke sekolah tersebut menewaskan seorang guru dan tiga siswa.

Baca Juga

Herzog dan Macron akan sama-sama memberikan pidato dalam acara peringatan serangan tersebut. Setelah kegiatan tersebut, Herzog dan Macron dengan didampingi istri masing-masing diagendakan bertemu Rabi Yaakov Monsonego. Putri dari rabi tersebut merupakan salah satu siswa yang tewas dalam serangan di sekolah Ozar HaTorah.

Dalam acara pertemuan tersebut, mantan presiden Prancis Francois Holland dan Nicholas Sarkozy dilaporkan bakal turut berpartisipasi. Dari Toulouse, Herzog dan Macron akan bertolak kembali ke Paris. Macron akan mengundang Herzog menghadiri acara jamuan makan malam. Pada Senin (21/3/2022), Herzog dan istrinya Michal akan kembali ke Israel.

Belum ada keterangan resmi tentang adakah isu atau topik spesifik yang bakal dibahas Herzog dan Macron dalam pertemuannya. Saat ini kedua negara diketahui tengah sama-sama berupaya meredam konflik Rusia-Ukraina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement