Indonesia Diutus Bawa Resolusi Konflik Ukraina-Rusia ke Forum APG IPU

Solusi yang dihasilkan tidak menambah penghakiman terhadap salah satu pihak.

Ahad , 20 Mar 2022, 18:17 WIB
Ketua BKSAP DPR RI, Fadli Zon, menjawab pertanyaan media di sela-sela kegiatan sidang   Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 di Nusa Dua, Bali, Ahad (20/3).
Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Ketua BKSAP DPR RI, Fadli Zon, menjawab pertanyaan media di sela-sela kegiatan sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 di Nusa Dua, Bali, Ahad (20/3).

REPUBLIKA.CO.ID, NUSA DUA--Negara-negara ASEAN+3 menyepakati Indonesia menyusun resolusi konflik antara Ukraina dan Rusia. Tidak hanya itu Indonesia juga diutus untuk membawa resolusi konflik ke dalam forum Asia Pasific Meeting (APG) sore ini. 

"Hari ini juga kita daftarkan emergency item kita itu, dan kita juga disepakati juga akan menjadi drafting committee untuk resolusi ini. Jadi dari ASEAN+3 mengutus Indonesia. Kita harapkan juga dari APG," kata Ketua Bada Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon, di Bali Internasional Convention Center (BICC), Nusa Dua, Ahad (20/3).

Baca Juga

Keanggotaan ASEAN+3 diisi oleh negara-negara ASEAN anggota IPU ditambah dengan sejumlah negara di Asia seperti China, Jepang, dan Korea Selatan. Fadli berharap melalui upaya tersebut Indonesia bisa membantu mencarikan solusi yang tepat atas konflik yang terjadi. 

Terlebih lagi, kata Fadli, Indonesia memiliki hubungan baik dengan Rusia dan Ukraina. "Dan kita juga mempunyai hubungan yang baik dengan kedua parlemen, kita baik dengan parlemen Rusia, kita baik juga dengna parlemen Ukraina dan kita di pihak yang sejalan dengan politik luar negeri kita yang bebas aktif. Agak lebih leluasa berbicara ketimbang negara-negara lain," ucapnya.

Ia berharap solusi yang dihasilkan tidak  menambah penghakiman terhadap salah satu pihak. Menurutnya peran parlemen dalam menjadi jembatan konflik Ukraina-Rusia sangat diharapkan 

"Setelah ini yang kita harapkan adalah ada yang menjembatani dan mengambil inisiatif dan harusnya ini IPU. Membuat mungkin semacam tim kecil yang bisa menjembatani kedua parlemen baik Rusia dan Ukraina," tuturnya. 

Pertemuan ASEAN+3 adalah kegiatan di luar rangkaian utama sidang IPU ke-14 yang digelar di Nusa Dua, Bali pada 20-24 Maret 2022. Delegasi dari Indonesia diwakili oleh Wakil Ketua DPR Lodewijk F Paulus, dan Ketua BKSAP Fadli Zon.