Tuesday, 9 Rajab 1444 / 31 January 2023

Penjelajah NASA Mencapai Delta di Kawah Jezero Mars

Senin 21 Mar 2022 07:44 WIB

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih

 Wahana penjelajah Planet Mars, Perseverance kembali menyelidiki batuan di Kawah Jezero di Mars.

Wahana penjelajah Planet Mars, Perseverance kembali menyelidiki batuan di Kawah Jezero di Mars.

Foto: nasa
Kawah Jezero, tempat sebuah danau yang telah ada miliaran tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjelajah Mars Perseverance milik Badan Antariksa Amerika (NASA) sedang mencoba untuk menempuh jarak yang lebih jauh menggunakan kecerdasan buatan. Pada akhir perjalanan lima kilometer (3 mil), yang dimulai 14 Maret 2022, Perseverance mencapai delta sungai purba di dalam Kawah Jezero, tempat sebuah danau yang telah ada miliaran tahun lalu.

Bagi penjelajah, delta ini merupakan salah satu lokasi terbaik di Mars untuk mencari petunjuk kehidupan mikroskopis masa lalu. Perseverance mengumpulkan inti batuan untuk kembali ke Bumi menggunakan bor di ujung lengan robotnya.

Baca Juga

"Delta sangat penting sehingga kami benar-benar memutuskan untuk meminimalkan kegiatan sains dan fokus pada mengemudi untuk sampai kesana lebih cepat. Kami akan mengambil banyak gambar delta selama perjalanan itu. Semakin dekat kami, semakin mengesankan gambar itu," kata Ken Farley dari Caltech, ilmuwan proyek Perseverance, dilansir dari Phys.

Tim sains akan mencari gambar-gambar untuk batu-batuan yang pada akhirnya ingin mereka pelajari lebih dekat di masa depan dengan menggunakan instrumen di lengan Perseverance. Mereka juga akan mencari rute paling efisien yang dapat ditempuh penjelajah untuk mendaki delta setinggi 40 meter.

Untuk sampai ke sana, Perseverance akan menggunakan sistem AutoNav self-driving yang telah mencatat rekor jarak yang luar biasa. Perseverance adalah rover paling canggih dari penjelajah Mars NASA. Semua rover memiliki kemampuan mengemudi otonom.

"Proses self-driving yang memakan waktu beberapa menit pada rover seperti Opportunity terjadi dalam waktu kurang dari satu detik di Perseverance," 

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA