Sabtu 19 Mar 2022 23:24 WIB

Bekuk Udinese, Napoli Tempel Milan di Puncak Klasemen

Napoli menyamai raihan poin AC Milan yang duduk di puncak klasemen sementara Serie A.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Muhammad Akbar
Pemain Napoli Victor Osimhen
Foto: EPA-EFE/Fabio Murru
Pemain Napoli Victor Osimhen

REPUBLIKA.CO.ID, NAPLES -- Napoli terus bertahan dalam persaingan perebutan Scudetto. Kemenangan, 2-1, atas Udinese di Stadion Diego Armando Maradona, Sabtu (19/3) malam WIB, membawa I Partenopei menyamai raihan poin AC Milan yang duduk di puncak klasemen sementara Serie A.

Dengan tambahan tiga poin di laga tersebut, Napoli memiliki koleksi poin yang sama dengan AC Milan, 63 poin. Namun, I Rossoneri baru melakoni laga pada giornata ke-30 saat bertandang ke markas Cagliari, Ahad (20/3) dini hari WIB.

Tempo permainan cenderung berjalan lambat pada awal babak pertama. Hingga laga berjalan 15 menit tercatat hanya ada tiga tembakan yang dilepaskan oleh kedua tim. Intensitas permainan mulai meningkat saat laga memasuki menit ke-20.

Kedua tim mencoba untuk berebut menguasai permainan via penguasaan bola di lapangan tengah. Gol pertama di laga ini akhirnya tercipta pada menit ke-22. Namun, keunggulan ini bukanlah ditorehkan oleh tim tuan rumah, melainkan tim tamu.

Sebuah serangan apik, yang dibangun dari lini belakang, membawa Udinese unggul. Gerard Deulofeu menyelesaikan serangan itu lewat sepakan terarah dari tepi kotak penalti. Bola sepakan mantan penggawa Barcelona itu bersarang di pojok gawang Napoli. I Partenopei langsung bereaksi.

Gelombang serangan terus dilancarkan oleh tim besutan Luciano Spalletti tersebut. Sejumlah peluang pun didapatkan tim tuan rumah, termasuk sepakan melengkung Lorenzo Insigne. Namun, I Partenopei tidak mampu membalas hingga babak pertama tuntas.

Tidak butuh waktu lama buat Napoli untuk bisa menyamakan kedudukan saat laga berlanjut ke babak kedua. Lewat serangan pertama pada babak kedua, tepatnya pada menit ke-52, I Partenopei berhasil mencetak gol. Victor Osimhen menanduk bola hasil tendangan bebas Mario Rui di sebelah kanan pertahanan Le Zebrette.

Osimhen benar-benar menjadi momok buat pertahanan Udinese. Berselang 11 menit setelah membawa Napoli menyamakan kedudukan, penyerang berusia 25 tahun itu mengantarkan I Partenopei berbalik unggul.

Pergerakannya saat menyambut umpan tarik Giovanni di Lorenzo dari sisi kanan kotak penalti tidak bisa diantisipasi lini belakang Udinese. Osimhen pun dengan mudah langsung menyambar bola dan mencetak gol keduanya di laga ini, tepatnya pada menit ke-63.

Gol ini menjadi gol ke-11 Osimhen di pentas Liga Italia. Osimhen mencatatkan rekor sebagai pemain asal Nigeria pertama yang mampu mencetak dua digit gol dalam dua muim beruntun Serie A.

Udinese, yang berusaha untuk membalas, harus rela bermain dengan 10 pemain usai Pablo Mari diusir wasit tinggal tersisa delapan menit. Bek tengah pinjaman dari Arsenal itu mendapatkan kartu merah lantaran mengangkat kaki terlalu tinggi saat berebut bola dengan Piotr Zielinski.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement