Sabtu 19 Mar 2022 22:49 WIB

Pesan Allah di Akhir Surat Ibrahim untuk Manusia

Allah SWT memberikan pesan kepada umat manusia di akhir Surat Ibrahim Ayat 52.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Allah SWT memberikan pesan kepada umat manusia di akhir Surah Ibrahim Ayat 52. Foto:   Alquran (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Allah SWT memberikan pesan kepada umat manusia di akhir Surah Ibrahim Ayat 52. Foto: Alquran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Allah SWT memberikan pesan kepada umat manusia di akhir Surah Ibrahim Ayat 52. Supaya manusia mengimani Alquran dan menjadikan Alquran sebagai pedoman hidup di dunia dan akhirat.

Allah SWT menegaskan bahwa Alquran adalah peringatan untuk manusia agar mereka mengetahui bahwa Allah adalah Tuhan Yang Maha Esa. Juga supaya manusia yang berakal mengambil pelajaran dari Alquran.

Baca Juga

هٰذَا بَلٰغٌ لِّلنَّاسِ وَلِيُنْذَرُوْا بِهٖ وَلِيَعْلَمُوْٓا اَنَّمَا هُوَ اِلٰهٌ وَّاحِدٌ وَّلِيَذَّكَّرَ اُولُوا الْاَلْبَابِ ࣖ

Dan (Alquran) ini adalah penjelasan (yang sempurna) bagi manusia, agar mereka diberi peringatan dengannya, agar mereka mengetahui bahwa Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa dan agar orang yang berakal mengambil pelajaran. (QS Ibrahim: 52)

 

Dalam penjelasan Tafsir Kementerian Agama, pada penutup surah ini, Allah SWT menerangkan bahwa Alquran yang mulia ini berisi pengajaran, peringatan, dan kabar menakutkan yang disampaikan Rasul-Nya kepada manusia. Karena sebagian ayat-ayat-Nya menerangkan akibat yang akan dialami orang-orang berdosa di akhirat nanti.

Manusia yang mau mengambil pelajaran dari ayat-ayatnya akan berbahagia hidupnya di dunia, dan di akhirat akan memperoleh kesenangan dan kenikmatan di dalam surga sebagai balasan dari perbuatan baik yang telah mereka lakukan. Hal ini dijelaskan oleh firman Allah SWT.

Katakanlah, "Allah, Dia menjadi saksi antara aku dan kamu. Alquran ini diwahyukan kepadaku agar dengan itu aku memberi peringatan kepadamu dan kepada orang yang sampai (Alquran kepadanya). (QS Al-Anam: 19)

"Alif Lam Ra. (Ini adalah) Kitab yang Kami turunkan kepadamu (Muhammad) agar engkau mengeluarkan manusia dari kegelapan kepada cahaya terang-benderang dengan izin Tuhan, (yaitu) menuju jalan Tuhan Yang Maha Perkasa, Maha Terpuji." (QS Ibrahim: 1)

Agar manusia menjadikan dalil-dalil dan hujjah yang terdapat dalam Alquran sebagai dasar untuk menetapkan dan meyakini bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain dari Tuhan Yang Maha Esa. Dia yang menaklukkan matahari, bulan, bintang-bintang, malam, siang, laut, dan udara untuk manusia dan menurunkan hujan dari langit agar air hujan itu menumbuhkan bermacam-macam tumbuh-tumbuhan yang bermanfaat bagi hidup dan kehidupan manusia.

Dalam laut terdapat bermacam-macam karunia Tuhan, seperti ikan, mutiara, bahan tambang, dan sebagainya yang merupakan rezeki halal bagi manusia. Hanya saja banyak manusia yang tidak mau mengakui adanya nikmat Allah yang beraneka ragam itu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement