Sabtu 19 Mar 2022 21:41 WIB

Curi Kemenangan di Markas Villa, Arsenal Amankan Peringkat Keempat

Arsenal makin difavoritkan persaingan perebuatan posisi empat besar Liga Inggris

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Muhammad Akbar
Bek LIverpool Andy Robertson (kanan) mencoba menekel pemain Arsenal Bukayo Saka.
Foto: EPA-EFE/NEIL HALL
Bek LIverpool Andy Robertson (kanan) mencoba menekel pemain Arsenal Bukayo Saka.

REPUBLIKA.CO.ID, BIRMINGHAM -- Arsenal berhasil mencuri kemenangan saat melawat ke markas Aston Villa pada pekan ke-30 Liga Primer Inggris, Sabtu (19/3) malam WIB.

Gol Bukayo Saka pada menit ke-30 menjadi penentu kemenangan klub asal London Utara itu dalam lawatan ke Stadion Villa Park tersebut. Tambahan tiga angka ini kian memantapkan posisi Arsenal di peringkat keempat klasemen sementara.

The Gunners pun makin difavoritkan dalam persaingan perebuatan posisi empat besar Liga Primer Inggris musim ini. Dengan koleksi 54 poin dari 28 laga, Arsenal mengantongi keunggulan empat poin dari Manchester United, yang berada di peringkat kelima.

Bukayo Saka dan kawan-kawan pun masih mengantongi satu laga tunda dibanding United, yang telah tampil di 29 partai. The Gunners langsung menggebrak saat laga di Stadion Villa Park dimulai.

Meski hanya memiliki waktu istirahat kurang dari dua hari usai dibekap Liverpool, tengah pekan ini, Arsenal terlihat langsung mampu tampil agresif. Menjauh dari kejaran Manchester United di papan klasemen sementara agaknya menjadi motivasi tambahan para penggawa The Gunners di laga ini.

Dalam 10 menit awal laga, kiper Aston Villa, Emiliano Martinez, bahkan sudah melakukan dua penyelamatan gemilang, yaitu saat menghalau sepakan Thomas Partey dan kala bereaksi atas bola liar di dalam kotak penalti.

Tim besutan Mikel Arteta itu akhirnya bisa mencatatkan keunggulan pada menit ke-30. Berawal dari umpan Cedric Soares ke dalam kotak penalti, para penggawa The Gunners berhasil menguasai bola dan berujung pada sepakan Bukayo Saka dari luar kotak penalti.

Sepakan winger asal Inggris itu mendarat mulus di sebelah kiri bawah gawang. Martinez tidak bisa melihat arah laju bola lantaran kerumunan di depan mulut gawang Villa.

Di sepanjang babak pertama, Arsenal memang mampu menguasai laga dan melepaskan enam sepakan, termasuk tiga sepakan tepat ke arah gawang. Catatan ini berbanding terbalik dengan Villa, yang sama sekali belum memberikan ancaman ke gawang tim tamu.

Pada babak kedua, performa Villa terlihat jauh lebih baik. Tim besutan Steven Gerrard itu mulai mampu mengembangkan permainan. Tim tuan rumah mendapatkan peluang emas via aksi Ollie Watkins.

Mendapatkan celah di sebelah kiri kotak penalti Arsenal, Watkins melepaskan sepakan terarah ke pojok kiri gawang. Bola sempat membentur salah satu kaki pemain bertahan The Gunners sebelum membentur mistar gawang.

Peluang itu bisa dibilang menjadi peluang terbaik Villa saat laga telah menginjak menit ke-68, selain sepakan melengkung John McGin yang masih melebar di sisi kiri gawang. Tim tamu bukan tanpa peluang.

Sebuah skema serangan apik berhasil dibangun para penggawa The Gunners, yang berujung pada kesempatan yang dimiliki Alexandre Lacazette. Namun, penyerang asal Prancis itu gagal memanfaatkan peluang itu.

Sepakannya dari tepi kotak penalti diblok oleh pemain bertahan Villa. Skor, 1-0, untuk kemenangan The Gunners akhirnya tidak berubah hingga akhir laga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement