Bazar Ramadhan di Kelantan Kembali Lagi Tahun Ini

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah

Ahad 20 Mar 2022 00:40 WIB

Ilustrasi bazar Ramadhan. Bazar Ramadhan di Kelantan Kembali Lagi Tahun Ini Foto: Antara/Teguh Prihatna Ilustrasi bazar Ramadhan. Bazar Ramadhan di Kelantan Kembali Lagi Tahun Ini

REPUBLIKA.CO.ID, KOTA BARU -- Setelah dua tahun absen karena pandemi Covid-19, Pemerintah Kelantan, Malaysia akhirnya mengizinkan bazar Ramadhan dan program Ramadhan Madinah untuk digelar selama bulan puasa tahun ini.

Ketua Komite Pemerintah Daerah, Kesehatan, dan Perumahan Izani Husin mengatakan telah meminta kepada pemerintah untuk membuka pasar Ramadhan. Namun, menurut dia, para pedagang dan peserta program harus tetap mematuhi prosedur operasi standar (SOP) yang ditetapkan.

Baca Juga

“Kami telah menginstruksikan pemerintah setempat untuk mengizinkan pembukaan pasar Ramadhan di wilayah mereka dan mereka akan menentukan jumlah pedagang yang diizinkan untuk beroperasi," ujar Izani dikutip dari Malay Mail, Sabtu (19/3/2022). 

“Majelis Kota Baru Islam (MPKB-BRI) telah menyetujui 13 lokasi bazar Ramadhan,” kata dia kepada wartawan.

Madinah Ramadhan adalah program keagamaan yang melibatkan sholat tarawih, buka puasa, dan sahur. Menurut Izani, program Ramadhan Madinah tahun ini akan diadakan di Stadion Sultan Muhammad IV.  

Sejumlah persiapan pun telah dilakukan untuk program tersebut, seperti memasang tenda, yang telah dimulai sejak Ahad lalu. “Tahun ini, hanya 500 jamaah yang diperbolehkan mengikuti program Ramadhan Madinah sesuai SOP,” jelas Izani.