IPU ke 144, Puan: Indonesia Diharapkan Ikut Berperan dalam Penyelesaikan Persoalan Global

Digelarnya IPU di Bali membuktikan Indonesia adalah negara yang dipercaya oleh dunia

Sabtu , 19 Mar 2022, 15:44 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani bersama Presiden Inter-Parliamentary Union (IPU), Duarte Pachecho, dan Sekjen IPU, Martin Chungong melakukan penanaman pohon longan/kelengkeng di Bali Internasional Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali, Sabtu (19/3).
Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Ketua DPR RI Puan Maharani bersama Presiden Inter-Parliamentary Union (IPU), Duarte Pachecho, dan Sekjen IPU, Martin Chungong melakukan penanaman pohon longan/kelengkeng di Bali Internasional Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali, Sabtu (19/3).

REPUBLIKA.CO.ID, NUSA DUA -- Indonesia menjadi tuan rumah sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 di Nusa Dua, Bali pada 20-24 Maret 2022. Melalui event tersebut, Ketua DPR, Puan Maharani, berharap Indonesia dapat berperan dalam menyelesaikan permasalahan  global.

"Karena itu sebagai anggota IPU peran dari Indonesia untuk ikut dapat menyelesaikan dan mempengaruhi semua kebijakan yang ada di dunia internasional bersama pemerintah dapat kemudian diimplementasikan secara konkret," kata Puan dalam konferensi pers, di Bali Internasional Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali, Sabtu (19/3/2022).

Baca Juga

Indonesia akan membuka secara resmi IPU ke-144 besok. Sebagai tuan rumah,  ketua DPR RI secara otomatis akan memimpin seluruh persidangan.

"Harapan kami melalui IPU ini Indonesia akan dapat mencapai keseluruhan resolusi yang diadopsi, dapat menyelesaikan permasalahan global yang penting dan dianggap perlu untuk mendapatkan perhatian seluruh komunitas yang ada di seluruh dunia," harapnya.

Mantan Menko PMK tersebut mengatakan sebanyak 115 negara konfirmasi hadir dalam penyelenggaraan IPU tahun ini. Digelarnya IPU tahun ini

membuktikan Indonesia adalah negara yang dipercaya oleh dunia intersional karena dianggap mampu dan aman serta nyaman dalam menyelenggarakan IPU ke-144.

"Tema dari IPU tentang perubahan iklim dan tema-tema lain tentu saja kami akan membahas terkait dengan pandemi Covid-19, SDG's, kesetaraan gender, demokrasi dan HAM, serta bagaimana pedamaian dan keamanan di dunia dapat tercipta sebagai kesatuan," ungkapnya.

Sementara itu Presiden IPU, Duarte Pacheco, mengapresiasi persiapan penyelenggaraan IPU yang dilakukan Indonesia. Pacheco menyebut persiapan yang dilakuan Indonesia sempurna.

"Penyelenggaraannya sempurna, saya takut karena semua orang senang berada di sini mereka tidak mau kembali ke negaranya masing-masing," ucapnya.

"Persiapannya sempurna, semua orang sangat baik, dan semua berusaha memenuhi apa ysng dibutuhkan, parlemen, relawan, warga Bali, semua orsng yang terlibat semuanya bekerja keras demi keberhasilan acara ini," imbuhnya.

Sebelum konferensi pers digelar, Ketua DPR RI Puan Maharani bersama Presiden Inter-Parliamentary Union (IPU), Duarte Pachecho, melakukan penanaman pohon longan/kelengkeng di Bali Internasional Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali, Sabtu. Turut mendampingi Sekjen IPU, Martin Chungong dalam kegiatan penanaman pohon tersebut.