Sabtu 19 Mar 2022 11:00 WIB

Harry-Meghan Titip Donasi Buat Ukraina ke Organisasi yang Didukung Mendiang Putri Diana

Harry-Meghan salurkan donasinya untuk Ukraina lewat sejumlah organisasi.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Meghan Markle dan suaminya Pangeran Harry. Keduanya menyalurkan donasinya untuk Ukraina lewat berbagai organisasi, termasuk yang pernah didukung oleh mendiang Putri Diana.
Foto: EPA
Meghan Markle dan suaminya Pangeran Harry. Keduanya menyalurkan donasinya untuk Ukraina lewat berbagai organisasi, termasuk yang pernah didukung oleh mendiang Putri Diana.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pangeran Harry dan Meghan Markle telah berdonasi untuk Ukraina melalui sejumlah organisasi sebagai dukungan untuk rakyat yang terkena imbas invasi Rusia. Duke dan Duchess of Sussex juga memberikan penghormatan kepada atlet Invictus Games Serhii Karaivan yang dikabarkan tewas dalam invasi.

Donasi itu telah diumumkan oleh Yayasan Archewell milik Duke dan Duchess of Sussex. Harry dan Meghan disebut telah memberikan sumbangan ke beberapa organisasi yang bekerja di lapangan untuk mendukung rakyat Ukraina.

Baca Juga

Organisasi tersebut termasuk HIAS, The HALO Trust, dan Are We Europe. The HALO Trust, merupakan organisasi yang pernah didukung oleh mendiang ibu Harry, Putri Diana.

Organisasi HALO ikut mengumumkan donasi ini melalui Twitter. Harry sangat mendukung dua anggota tim yang berada di lapangan di Ukraina. Pria 37 tahun itu memuji keberanian relawan tersebut melalui panggilan video.

"Kalian menyelamatkan nyawa setiap hari," kata Harry terhadap dua anggota organisasi, seperti dikutip dari laman Fox News, Sabtu (19/3/2022).

Harry kemudian mengucapkan terima kasih karena mereka begitu berani dan luar biasa berperan di tengah invasi. Mereka dinilai melakukan pekerjaan dengan sangat baik.

"Terus lakukan apa yang Anda lakukan, terus selamatkan nyawa," ujar Harry.

Yayasan Archewell juga mengumumkan kerja sama dengan World Central Kitchen dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk membantu tanggapan kemanusiaan global dan lokal terhadap krisis. Selain itu, Yayasan Sussex memberikan penghormatan kepada atlet Invictus Games Serhii Karaivan yang meninggal pada 13 Maret.

"Akhirnya, hati kami berat karena kami baru-baru ini kehilangan seorang anggota komunitas veteran kami di Ukraina, yang membela negaranya dari serangan," tulis yayasan dalam pernyataannya.

Harry yang bertugas di ketentaraan selama lebih dari 10 tahun memulai Invictus Games pada 2014. Yayasan juga memberikan penghormatan kepada pria dan wanita pemberani dari komunitas veteran global, baik dulu dan sekarang, yang telah lama melindungi negara dan keluarga mereka dengan kekuatan dan tekad yang tak tertandingi. Yayasan terus bekerja dan berbicara dengan Invictus Games Foundation setiap hari untuk memberikan bantuan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement