Sabtu 19 Mar 2022 07:23 WIB

Masih Jadi Pertimbangan, Komite Amerika Bahas Soal Pemanfaatan dan Hal Terlarang Aset Digital

Komite Senat Amerika Serikat bentrok tentang bagaimana negara harus menangani aset digital yang digunakan untuk tujuan terlarang.

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Uang Digital
Uang Digital

Pakar industri dan anggota parlemen yang berbicara pada sidang Komite Senat Amerika Serikat tentang Perbankan, Perumahan, dan Urusan Perkotaan bentrok tentang bagaimana negara harus menangani aset digital yang digunakan untuk tujuan terlarang.

Melansir dari Cointelegraph, Jumat (18/03) berbicara dari jarak jauh dalam sidang tentang "Memahami Peran Aset Digital dalam Keuangan Terlarang," Michael Chobanian, pendiri pertukaran kripto Kuna dan presiden Asosiasi Blockchain Ukraina, memanggil Binance. Dia mengklaim pertukaran kripto masih bekerja dengan rubel dan menyiratkan perusahaan itu tidak mematuhi sanksi saat ini terhadap Rusia, yang telah terlibat dalam invasi militer ke Ukraina sejak 24 Februari.

Baca Juga: Penambang Kripto Hut 8 Bukukan Hasil Keuangan, Pendapatan Setahun Penuh Naik 326%

Dalam kesaksian tertulisnya, Chobanian mengatakan Kuna telah menghentikan semua dukungan untuk rubel Rusia dalam upaya untuk mendukung Ukraina dan melemahkan ekonomi negara yang saat ini meluncurkan serangan darat dan udara terhadapnya.

CEO Binance Changpeng Zhao sebelumnya mengatakan pertukaran itu mengikuti semua aturan sanksi, tetapi seorang juru bicara menambahkan pada saat itu perusahaan tidak akan membekukan jutaan akun pengguna yang tidak bersalah secara sepihak di Rusia.

"Untuk menghentikan Rusia di jalurnya, dan untuk mewujudkan dunia yang lebih demokratis dengan kebebasan pribadi melalui cryptocurrency, kami meminta pertukaran kripto di seluruh dunia, termasuk Binance, untuk memblokir interaksi apa pun dengan individu yang disetujui sampai jatuhnya rezim Putin dan mengakhiri agresi terhadap Ukraina," kata pendiri Kuna.

Beberapa anggota parlemen yang hadir di persidangan mendorong kembali terhadap gagasan bahwa cryptocurrency yang dipegang oleh orang kaya Rusia atau Presiden Rusia Vladimir Putin dapat digunakan untuk menghindari sanksi yang ada. Senator Pat Toomey mengatakan tidak ada bukti cryptocurrency yang digunakan oleh Rusia untuk menghindari sanksi dengan cara yang signifikan. Serta menambahkan keterlacakan mereka membuat aset digital berisiko bagi penjahat untuk digunakan untuk setiap transaksi terlarang.

Baca Juga: Wow! Pendiri Terra Akan Kumpulkan Bitcoin Senilai $10 Miliar, Ini Alasannya...

Diskusi tentang Rusia dan Ukraina pada sidang tersebut mewakili dua kemungkinan kemungkinan ekstrem kasus penggunaan kripto. Di satu sisi, beberapa anggota parlemen menyiratkan negara seperti Rusia berpotensi menggunakan teknologi untuk memotong sanksi seperti halnya venezuela, Iran dan Korea Utara.

Di sisi lain, transaksi kripto memungkinkan orang yang baik untuk mengirim dana ke Ukraina yang membutuhkan makanan dan peralatan militer untuk pertahanan dengan cepat. Chobanian mengatakan hanya butuh sekitar sepuluh menit untuk mengatur sumbangan kripto untuk Ukraina, sementara Bank Nasional Ukraina membutuhkan sekitar sepuluh hari untuk mengatur transfer dalam fiat.

Serangan ransomware juga ada di pembicaraan anggota parlemen, mengingat afinitas penjahat yang tampak menuntut pembayaran dalam , termasuk Bitcoin (BTC), untuk mencegah pelepasan informasi sensitif atau memulihkan akses ke sistem kritis.

Baca Juga: Simak Kisah Perjalanan Bitcoiner Ini, Bisa Keliling Dunia Bermodalkan Transaksi BTC!

Namun, menurut Jonathan Levin, salah satu pendiri dan chief strategy officer dari perusahaan analisis Chainalysis, alamat dompet yang terkait dengan aktivitas terlarang mewakili "hanya 0,15% dari volume transaksi aset digital pada tahun 2021," yang juga merupakan nilai tinggi sepanjang masa. Pihak berwenang di Amerika Serikat juga dapat melacak dan menyita banyak dana dari serangan ransomware di Colonial Pipeline pada Mei 2021.

"Overattributing cybercrime ke cryptocurrency kehilangan penyebab kritis dan langkah-langkah pencegahan yang dapat diambil," kata Michael Mosier, mantan penjabat direktur Jaringan Penegakan Kejahatan Keuangan.

Anggota parlemen dan pemimpin industri sebelumnya mengkritik pejabat pemerintah karena tidak memberikan kejelasan peraturan yang cukup di ruang kripto. Senator Republik Cynthis Lummis mengatakan pada bulan Desember bahwa dia berencana untuk memperkenalkan undang-undang yang menyediakan kerangka kerja komprehensif untuk kripto, termasuk memberikan kejelasan peraturan tentang stablecoin dan pedoman bagi regulator untuk menentukan token mana yang akan dikategorikan sebagai kelas aset yang berbeda.

Senator Wyoming tidak menyebutkan tagihannya di persidangan dan belum merujuknya di akun media sosialnya sejak 9 Maret, tak lama setelah Presiden AS Joe Biden menandatangani perintah eksekutif yang akan menetapkan kerangka peraturan untuk kripto.

Namun, Senator Demokrat Elizabeth Warren mengatakan pada hari Kamis bahwa dia telah memperkenalkan Rancangan Undang Undang yang diumumkan awal bulan ini yang bertujuan menindak kripto sebagai cara untuk menghindari sanksi ekonomi.

Baca Juga: Seorang Mantan Hacker Klaim Punya $7 Miliar BTC, Fakta Atau Fiktif?

"Hal terbaik yang dapat dilakukan Kongres adalah memberikan kejelasan," katanya. "Ada banyak perusahaan kripto di luar sana yang ingin memastikan bahwa mereka mematuhi hukum, dan saya pikir ada banyak perdebatan, terutama di SEC dan CFTC, tentang apa yang sebenarnya diperlukan untuk mematuhi," tambahnya.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement