Friday, 8 Jumadil Awwal 1444 / 02 December 2022

Presiden Chile Minta Dunia Internasional tak Lupakan Solidaritas untuk Palestina

Sabtu 19 Mar 2022 06:40 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Christiyaningsih

Presiden Chile Gabriel merupakan seorang pendukung Palestina yang kuat. Ilustrasi.

Presiden Chile Gabriel merupakan seorang pendukung Palestina yang kuat. Ilustrasi.

Foto: AP/Luis Hidalgo
Presiden Chile Gabriel merupakan seorang pendukung Palestina yang kuat

REPUBLIKA.CO.ID, SANTIAGO -- Presiden Chile Gabriel Boric meminta masyarakat internasional tidak hanya menunjukkan solidaritas kepada Ukraina. Namun juga memberikan dukungan dan solidaritas yang sama kepada Palestina.

Boric mengatakan dia terus memantau situasi di Ukraina dan bersimpati dengan warganya. Namun menurutnya, dunia internasional jangan hanya fokus pada Ukraina saja. Karena masih banyak wilayah lain yang mengalami konflik berkepanjangan seperti Palestina.

Baca Juga

"Kami hanya melihat sedikit solidaritas di Palestina. Palestina telah lama diduduki dan kami tidak tahu banyak tentang apa yang terjadi di sana," ujar Boric dilansir Middle East Monitor, Sabtu (19/3/2022).

Boric merupakan seorang pendukung Palestina yang kuat. Dia menyerukan impor barang dari wilayah Palestina. Belum lama ini, Boric menggambarkan Israel sebagai negara kriminal dan menyerukan pembelaan hak asasi manusia, terlepas dari seberapa kuat negara itu.

Chile adalah rumah bagi komunitas Palestina terbesar di Amerika Selatan. Lebih dari setengah juta orang Palestina tinggal di Chile.

Sejauh ini, lebih dari 1,9 juta pengungsi Ukraina telah memasuki Polandia sejak Rusia menggelar operasi militer khusus pada 24 Februari. Sekitar 593 ribu orang atau 31 persen dari pengungsi, memasuki Polandia dengan mobil penumpang. Kemudian sekitar 440 ribu orang atau 23 persen, masuk ke Polandia dengan bus. Sementara 402 ribu atau 21 persen masuk ke Polandia dengan berjalan kaki dan 210 ribu atau 11 persen menggunakan kereta api.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA