Jumat 18 Mar 2022 23:52 WIB

Kota Sukabumi Juarai Duta Baca Jawa Barat

Duta Baca asal Sukabumi jadi juara 1 tingkat Jawa Barat

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Kota Sukabumi menjadi juara satu duta baca Jawa Barat untuk kategori putra. Pencapaian ini menunjukkan adanya upaya literasi yang terus digencarkan di Kota Sukabumi.
Foto: Pemkot Sukabumi
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Kota Sukabumi menjadi juara satu duta baca Jawa Barat untuk kategori putra. Pencapaian ini menunjukkan adanya upaya literasi yang terus digencarkan di Kota Sukabumi.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Kota Sukabumi menjadi juara satu duta baca Jawa Barat untuk kategori putra. Pencapaian ini menunjukkan adanya upaya literasi yang terus digencarkan di Kota Sukabumi.

Di mana duta baca asal Kota Sukabumi untuk kategori putra menjadi juara 1 di tingkat Jawa Barat yakni Lisan Shidqi Zul Fahmi. Rangkaian pemilihan Duta Baca Jawa Barat 2022 dilaksanakan pada Rabu (16/3/2022) lalu.

"Alhamdulillah Kota Sukabumi meraih juara satu untuk ajang pemilihan duta baca Jawa Barat beberapa waktu lalu," ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, Jumat (18/3/2022). Sebelumnya, para finalis Duta Baca Jawa Barat 2022 yang mengikuti pemilihan ini terdiri dari perwakilan kabupaten/kota, yang terpilih dari seleksi yakni penilaian video, tes tertulis, dan wawancara terbuka.

Menurut Fahmi, perwakilan duta baca Kota Sukabumi Lisan Shidqi Zul Fahmi menjadi juara satu duta baca Jabar pada 2022. Prestasi ini dinilai sangat membanggakan.

Fahmi mengatakan, pencapaian ini diharapkan memacu gerakan literasi di Kota Sukabumi agar terus digencarkan. Sehingga dapat melahirkan generasi muda yang handal dan gemar membaca agar wawasannya luas.

Selain itu kata Fahmi, pemkot terus mendorong Sukabumi sebagai kota literasi. Di mana generasi mudanya senang membaca buku.

Di sisi lain Fahmi mengatakan, gerakan literasi penting dalam menyukseskan program pembangunan. Sebab gerakan literasi adalah salah satu yg tidak bisa dipisahkan dalam membuat peradaban lebih baik.

Pascapandemi lanjut Fahmi, gerakan literasi digital harus diperkuat karena data yang didapatkan warga pertama kali rata-rata dari digital. Di mana waktu akses internet warga Indonesia rata-rata 7 jam 53 menit.

Sementara untuk global selama 6 jam 54 menit dan Indonesia peringkat 74 sedunia dalam kemampuan akses internet durasinya panjang. Dengan hal ini anak dan remaja mengakses internet cukup panjang dan tantangan hadirkan literasi digital kolaborasi dengan Diskominfo.

Fahmi mengatakan, ada 4 pilar dalam literasi digital bagainana media digital etis dan aman bermedia digital sehingga mampu meningkatkan kesadaran data pribadi. Selain itu cakap bermedia digital dan budaya bermedia digital.

"Saya titipkan pesan kecakapan literasi digital benar dipersiapkan," ungkap Fahmi. Salah satunya edukasi warga untuk aktif literasi dan literasi digital memasyarakat karena tidak dapat dihindari.

Sementara Lisan Shidqi Zul Fahmi mengatakan, pencapaian ini setelah melalui tahapan proses yang dijalani. "Alhamdulillah akhirnya terpilih menjadi duta baca Jawa Barat 2022," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement