Kamis 17 Mar 2022 22:33 WIB

Harga Cabai di Yogyakarta Mulai Naik Jelang Ramadhan

Panen cabai tidak maksimal.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Ani Nursalikah
Pedagang menyusun cabai merah. Harga Cabai di Yogyakarta Mulai Naik Jelang Ramadhan
Foto: ANTARA/Wahdi Septiawan
Pedagang menyusun cabai merah. Harga Cabai di Yogyakarta Mulai Naik Jelang Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Harga bahan pokok sudah mulai menunjukkan kenaikan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjelang Ramadhan 2022. Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag DIY Yanto Apriyanto mengatakan kenaikan terjadi pada komoditas cabai.

"Kenaikan memang terjadi di cabai, cabai ini kan biasanya kalau sudah adanya musim hujan seperti ini, otomatis produksi cabai mengalami gangguan. Dalam artian, ada yang busuk karena banyak air dan tertiup angin, panennya jadi tidak optimal," kata Yanto kepada Republika melalui sambungan telepon, Rabu (16/3/2022).

Baca Juga

Ia sendiri sudah melakukan pemantauan harga secara berkelanjutan, terutama ke pasar-pasar tradisional yang ada di Kota Yogyakarta, seperti Pasar Beringharjo, Pasar Kranggan dan Pasar Demangan. Berdasarkan pantauan tersebut, rata-rata harga untuk komoditas cabai merah keriting saat ini Rp 41.667 per Kg, dengan harga tertinggi di Pasar Kranggan yakni mencapai Rp Rp 45 ribu per Kg. Untuk komoditas cabai merah besar, harga rata-rata Rp 40.667 per Kg dengan harga tertinggi terpantau di pasar Demangan yang mencapai Rp Rp 43 ribu per Kg.

Untuk cabai rawit hijau, saat ini harga rata-rata tercatat Rp 37.667 per Kg dengan harga tertinggi terpantau di Pasar Beringharjo yang mencapai Rp 40 ribu per Kg. Sedangkan, harga rata-rata untuk komoditas cabai rawit merah yakni Rp 44.333 per Kg dengan harga tertinggi ditemukan di Pasar Demangan yang mencapai Rp 47 ribu per Kg.  

Harga komoditas lainnya seperti daging sapi, disebut stabil tinggi. Harga daging sapi, rata-rata mulai dari Rp 83.333 per Kg untuk daging sapi tetelan sampai Rp 122.667 per Kg untuk daging sapi has luar.

"Untuk daging sapi di Yogya tidak ada masalah, itu kemarin (sempat naik) itu di Jabodetabek. Di Yogyakarta masih seperti biasa, harga stabil tinggi," ujarnya.

Menjelang Ramadhan ini, ia mengantisipasi kenaikan harga pada komoditas lainnya, mulai dari bawang merah, bawang putih hingga terigu. "Kita mengantisipasi dalam hal-hal lainnya seperti terigu, karena ini bahan pokok terigu bisa terganggu dengan adanya perang Ukraina dan Rusia. 25 persen produk itu bahan bakunya dari sana, mudah-mudahan tidak terganggu," kata Yanto.

Harga bawang merah saat ini rata-rata di DIY mencapai Rp 29.333 per Kg. Sedangkan, harga bawang putih rata-rata Rp 24 ribu per Kg untuk jenis sinco dan Rp 31.667 per kg untuk jenis kating. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement