Kamis 17 Mar 2022 21:25 WIB

Gen Ternyata Berpengaruh Terhadap Kualitas Tidur

Sebagian orang punya gen yang bisa mendapatkan tidur berkualitas hanya beberapa jam.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Sebagian orang punya gen yang bisa mendapatkan tidur berkualitas hanya beberapa jam.
Foto: www.freepik.com
Sebagian orang punya gen yang bisa mendapatkan tidur berkualitas hanya beberapa jam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para peneliti di UC San Francisco menyebut beberapa orang memiliki gen yang dapat merasakan tidur berkualitas, walaupun hanya terlelap selama empat hingga enam jam. Bahkan, golongan gen ini menunjukkan ketahanan psikologis terhadap kondisi neurodegeneratif, yang mungkin menunjukkan cara menangkis penyakit neurologis.

"Ada dogma di lapangan bahwa setiap orang membutuhkan delapan jam tidur, tetapi pekerjaan kami hingga saat ini menegaskan bahwa jumlah tidur yang dibutuhkan orang berbeda berdasarkan genetika," kata Ahli Saraf Louis Ptacek dilansir Neuro Science New, Kamis (17/3/2022)

Baca Juga

Ptacek merupakan salah satu penulis senior studi yang muncul di iScience. Selama lebih dari satu dekade, Ptacek dan rekan penulis senior, Ying-Hui Fu, telah mempelajari orang-orang dengan Familial Natural Short Sleep (FNSS), yaitu kemampuan untuk berfungsi sepenuhnya (dan memiliki preferensi untuk) dengan tidur empat hingga enam jam setiap malam. Mereka telah menunjukkan bahwa itu turun temurun dalam keluarga, yang sejauh ini telah mengidentifikasi lima gen di seluruh genom yang berperan dalam memungkinkan tidur yang efisien ini.

Studi ini menguji hipotesis Fu bahwa tidur elit dapat menjadi perisai terhadap penyakit neurodegeneratif. Idenya agak kontras dengan pemikiran saat ini, di mana bagi banyak orang, kurang tidur dapat mempercepat neurodegenerasi. Dengan FNSS, Fu menjelaskan otak menyelesaikan tugas tidurnya dalam waktu yang lebih singkat. Dengan kata lain, lebih sedikit waktu yang dihabiskan untuk tidur secara efisien mungkin tidak sama dengan kurang tidur.

Fu mengatakan, tim memilih untuk melihat model tikus dari penyakit Alzheimer karena kondisi itu sangat umum. Mereka membiakkan tikus yang memiliki gen tidur pendek dan gen yang membuat mereka rentan terhadap Alzheimer. 

Tim menemukan bahwa otak tikus ini mengembangkan lebih sedikit kumpulan ciri yang terkait dengan demensia. Untuk mengkonfirmasi temuan ini, tim mengulangi percobaan menggunakan tikus dengan gen tidur pendek yang berbeda dan gen demensia lain, dan melihat hasil yang serupa. Fu dan Ptacek percaya penyelidikan serupa terhadap kondisi otak lain akan menunjukkan gen tidur efisien yang memberikan perlindungan yang sebanding memperbaiki tidur orang dapat menunda perkembangan penyakit di seluruh spektrum kondisi.

“Masalah tidur umum terjadi pada semua penyakit otak. Ini masuk akal karena tidur adalah aktivitas kompleks. Banyak bagian otak harus bekerja sama agar Anda tertidur dan bangun. Ketika bagian otak ini rusak, itu membuat lebih sulit tidur atau mendapatkan tidur berkualitas,” ujar Fu.

Memahami dasar-dasar biologis dari regulasi tidur dapat mengidentifikasi obat-obatan yang membantu menangkal masalah dengan gangguan tidur. Selain itu, memperbaiki tidur pada orang sehat dapat mempertahankan kesejahteraan dan meningkatkan kualitas waktu. Namun, mengejar banyak gen yang terlibat adalah permainan panjang yang mereka samakan dengan menyusun ribuan keping teka-teki.

“Setiap mutasi yang kami temukan adalah bagian lain. Saat ini, kami sedang mengerjakan bagian tepi dan sudutnya, untuk sampai ke tempat yang lebih mudah menyatukan potongan-potongan dan di mana gambar benar-benar mulai muncul,” kata Ptacek.

Sudah ada beberapa gen yang telah mereka identifikasi. Setidaknya satu dari gen itu dapat ditargetkan dengan obat-obatan yang ada yang mungkin digunakan kembali. Harapannya, dalam dekade berikutnya, peneliti akan membantu memfasilitasi perawatan baru yang memungkinkan orang dengan gangguan otak mendapatkan istirahat malam yang lebih baik.

“Pekerjaan ini membuka pintu pemahaman baru tentang bagaimana menunda dan mungkin mencegah banyak penyakit. Tujuan kami sebenarnya adalah membantu semua orang hidup lebih sehat dan lebih lama melalui tidur yang optimal,” ujar Fu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement