Kamis 17 Mar 2022 18:11 WIB

Harga Sembako Bengkulu Naik Jelang Ramadhan

Harga cabai merah dan bawang merah mengalami kenaikan.

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
Pedagang melayani pembeli di pasar (ilustrasi). Jelang Ramadhan, harga beberapa kebutuhan pokok di Bengkulu mengalami kenaikan harga.
Foto: ANTARA/Adeng Bustomi/foc.
Pedagang melayani pembeli di pasar (ilustrasi). Jelang Ramadhan, harga beberapa kebutuhan pokok di Bengkulu mengalami kenaikan harga.

REPUBLIKA.CO.ID, KOTA BENGKULU -- Menjelang Ramadhan 1443 Hijriah pada April mendatang, beberapa harga komoditas di pasaran mengalami kenaikan seperti cabai merah kembali naik menjadi Rp 50 ribu per kilogram yang sebelumnya Rp 28 ribu per kilogram.

Salah satu pedagang cabai di Pasar Panorama Kota Bengkulu, Yasinta, Kamis (17/3/2022), mengatakan, karena ketersediaan barang di produsen berkurang. "Serta seperti tahun-tahun sebelumnya harga cabai menjelang Ramadhan dan Idul Fitri mengalami kenaikan," kata Yasinta.

Baca Juga

Kemudian untuk harga bawang merah saat ini juga mengalami kenaikan mencapai Rp 42 ribu hingga Rp 45 ribu per kilogram yang sebelumnya hanya Rp 35 ribu per kilogram. Selain itu, harga ayam potong juga mengalami kenaikan menjelang Ramadhan yang sebelumnya Rp 30 ribu per kilogram menjadi Rp 40 ribu per kilogram.

Untuk harga bahan pokok lainnya seperti daging sapi, telur ayam, gula pasir dan lain-lain masih dalam harga stabil. Sedangkan harga minyak goreng, setelah pemerintah mencabut ketentuan mengenai harga eceran tertinggi (HET) mengalami kenaikan.

Saat ini harga minyak goreng di Pasar Panorama mencapai Rp 30 ribu hingga Rp 35 ribu per liter tapi stok minyak di pasaran masih sedikit.

Sebelumnya, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan, harga minyak goreng kemasan tidak akan lagi diatur pemerintah.

Sehingga harga minyak goreng saat ini menyesuaikan dengan harga keekonomian.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement