Tips Sehat Bagi Penderita Diabetes Saat Puasa Ramadhan

Red: Dwi Murdaningsih

Jumat 18 Mar 2022 03:24 WIB

Diabetes (ilustrasi) Foto: Essential Health Info Diabetes (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjelang bulan Ramadhan, para penderita diabetes sebaiknya mempersiapkan fisik dengan baik agar bisa menjalankan ibadah puasa namun tetap produktif. Dikutip dari siaran pers Kalbe pada Kamis (17/3/2022), salah satu upaya untuk menjaga tubuh penderita diabetes tetap produktif dan sehat selama bulan Ramadan ialah harus dilakukan penyesuaian dosis obat.

Selain itu juga menyesuaikan jadwal pemberian obat hipoglikemik oral dan atau insulin oleh dokter selama pasien menjalankan ibadah puasa."Kemudian, diabetisi (penderita diabetes-red) harus selalu berhubungan dengan dokter selama menjalankan ibadah puasa," kata Senior Product Manager Diabetes Kalbe, Anita Halim.

Baca Juga

Penderita diabetes bisa membuka aplikasi KlikDiabetes sebagai asisten pribadi digital. Melalui aplikasi itu, diabetisi akan dibantu dalam mengatur jadwal pemberian obat melalui fitur Pengingat Obat serta berkonsultasi dengan dokter melalui fitur Tanya Dokter.

Selain itu, diabetisi dapat melihat menu-menu pilihan untuk sahur dan buka puasa serta mengatur jumlah kaluri melalu fitur Diet & Nutrisi. Kadar gula darah juga penting untuk dipantau secara teratur, terutama pertengahan hari dan menjelang berbuka puasa.