Kamis 17 Mar 2022 16:02 WIB

 10 Fakta tentang Setan yang Perlu Diketahui

Setan akan pernah berhenti menjerumuskan manusia pada kesesatan hingga hari kiamat.

Rep: Alkhaledi Kurnialam / Red: Agung Sasongko
Setan (Ilustrasi)Setan akan pernah berhenti menjerumuskan manusia pada kesesatan hingga hari kiamat.
Foto: pxhere
Setan (Ilustrasi)Setan akan pernah berhenti menjerumuskan manusia pada kesesatan hingga hari kiamat.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Setan akan pernah berhenti menjerumuskan manusia pada kesesatan hingga hari kiamat. Berikut sepuluh fakta menarik tentang setan sebagaimana dilansir Al Masrawy. 

1.Dari golongan jin

Baca Juga

Ada sebagian pendapat yang mengatakan bahwa iblis itu dari golongan malaikat. Akan tetapi pendapat yang paling kuat mengatakan bahwa iblis itu adalah dari jin yang durhaka dan bukan dari golongan malaikat. Sebagaimana firman Allah SWT: 

وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلَائِكَةِ اسْجُدُوا لِآدَمَ فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ كَانَ مِنَ الْجِنِّ فَفَسَقَ عَنْ أَمْرِ رَبِّهِ ۗ أَفَتَتَّخِذُونَهُ وَذُرِّيَّتَهُ أَوْلِيَاءَ مِنْ دُونِي وَهُمْ لَكُمْ عَدُوٌّ ۚ بِئْسَ لِلظَّالِمِينَ بَدَلًا

 

Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam, maka sujudlah mereka kecuali Iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Tuhannya. Patutkah kamu mengambil dia dan turunan-turunannya sebagai pemimpin selain daripada-Ku, sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah iblis itu sebagai pengganti (dari Allah) bagi orang-orang yang zalim. (Al Kahf ayat 50)

2. Menguasai manusia dengan membisikan dan mengelabui

Setan itu tidak punya kekuasaan atas anak adam kecuali dengan membisikan kejahatan dan mengelabui dengan keindahan, bukan dengan mengalahkan atau menaklukan secara fisik. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Ibrahim:

وَقَالَ الشَّيْطَانُ لَمَّا قُضِيَ الْأَمْرُ إِنَّ اللَّهَ وَعَدَكُمْ وَعْدَ الْحَقِّ وَوَعَدْتُكُمْ فَأَخْلَفْتُكُمْ ۖ وَمَا كَانَ لِيَ عَلَيْكُمْ مِنْ سُلْطَانٍ إِلَّا أَنْ دَعَوْتُكُمْ فَاسْتَجَبْتُمْ لِي ۖ فَلَا تَلُومُونِي وَلُومُوا أَنْفُسَكُمْ ۖ مَا أَنَا بِمُصْرِخِكُمْ وَمَا أَنْتُمْ بِمُصْرِخِيَّ ۖ إِنِّي كَفَرْتُ بِمَا أَشْرَكْتُمُونِ مِنْ قَبْلُ ۗ إِنَّ الظَّالِمِينَ لَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ

Dan berkatalah syaitan tatkala perkara (hisab) telah diselesaikan: "Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepadamu janji yang benar, dan akupun telah menjanjikan kepadamu tetapi aku menyalahinya. Sekali-kali tidak ada kekuasaan bagiku terhadapmu, melainkan (sekedar) aku menyeru kamu lalu kamu mematuhi seruanku, oleh sebab itu janganlah kamu mencerca aku akan tetapi cercalah dirimu sendiri. Aku sekali-kali tidak dapat menolongmu dan kamupun sekali-kali tidak dapat menolongku. Sesungguhnya aku tidak membenarkan perbuatanmu mempersekutukan aku (dengan Allah) sejak dahulu". Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu mendapat siksaan yang pedih. (Alquran surat Ibrahim ayat 22)

3. Diciptakan dari api

Asal penciptaan Iblis itu dari api dan itu diucapkan sendiri oleh Iblis. Sebagaimana dijelaskan dalam Alquran: 

قَالَ مَا مَنَعَكَ أَلَّا تَسْجُدَ إِذْ أَمَرْتُكَ ۖ قَالَ أَنَا خَيْرٌ مِنْهُ خَلَقْتَنِي مِنْ نَارٍ وَخَلَقْتَهُ مِنْ طِينٍ

Allah berfirman: "Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?" Menjawab iblis "Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah". (Alquran surat Al A'raf ayat 12).

4. Mempunyai pasukan dari golongan Jin

Iblis itu mempunyai pengikut atau pasukan yang mendukung dan membantunya dari golongan jin. Mereka mencoba menyebarkan fitnah kepada manusia. Dan Iblis itu punya singgasana atau kekuasaan atas air di tempat yang diketahui Allah. Dan iblis itu mengutus pasukannya untuk menipu manusia. Sebagaimana sabda nabi Muhammad ﷺ dalam sahih Muslim :

إن إبليس يضع عرشه على الماء، ثم يبعث سراياه، فأدناهم منه منزلة أعظمهم فتنة، يجيء أحدهم فيقول: فعلت كذا وكذا، فيقول: ما صنعت شيئا، قال ثم يجيء أحدهم فيقول: ما تركته حتى فرقت بينه وبين امرأته، قال: فيدنيه منه ويقول: نعم أنت "

"Sesungguhnya singgasana iblis berada di atas laut. Dia mengutus para pasukannya. Setan yang paling dekat kedudukannya adalah yang paling besar godaannya. Di antara mereka ada yang melapor, ‘Saya telah melakukan godaan ini. Iblis berkomentar, ‘Kamu belum melakukan apa-apa. Datang yang lain melaporkan, ‘Saya menggoda seseorang, sehingga ketika saya meninggalkannya, dia telah berpisah (talak) dengan istrinya. Kemudian iblis mengajaknya untuk duduk di dekatnya dan berkata, ‘Sebaik-baik setan adalah kamu.’" (HR. Muslim 2813).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement