Saturday, 15 Muharram 1444 / 13 August 2022

Hati-hati, Dosa Ini Gugurkan Keutamaan Nisfu Syaban

Kamis 17 Mar 2022 18:16 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Muhammad Hafil

Hati-hati, Dosa Ini Gugurkan Keutamaan Nisfu Syaban. Foto: Ilustrasi ibadah di rumah.

Hati-hati, Dosa Ini Gugurkan Keutamaan Nisfu Syaban. Foto: Ilustrasi ibadah di rumah.

Foto: Edwin Dwi Putranto/Republika
Nisfu syaban adalah waktu istimewa bagi muslim.

REPUBLIKA.CO.ID,KAIRO--Nisfu Syaban tahun 2022 akan berlangsung sejak waktu maghrib pada Kamis (17/3/2022), hingga waktu maghrib pada Jumat (18/3/2022). Hari ini menjadi salah satu waktu istimewa bagi Muslim karena berbagai keutamaan yang bisa didapatkan. 

Namun ternyata keutamaan berupa ampunan Allah SWT yang luas pada waktu ini, tidak dapat diraih bagi orang-orang yang melakukan suatu dosa yang disebutkan dalam hadist Nabi. Dosa ini akan menutup pintu ampunan Allah SWT, selama dosa itu belum disingkirkan dari seorang muslim. 

Baca Juga

Dosa tersebut adalah syirik dan memutus tali silaturahim. Hal ini dijelaskan oleh ulama Al Azhar, Dr. Osama Al-Azhari. 

“Malam Nisfu Sya'ban adalah malam di mana Allah menampakkan diri kepada hamba-hamba-Nya dan melihat hamba-hamba-Nya, maka Dia mengampuni semua hamba-Nya kecuali pertengkaran (bukan karena mempertahankan agama) dan memutuskan ikatan kekerabatan, "katanya dilansir dari Elbalad, Rabu (16/3/2022).

Dalam sebuah hadist dari Abu Musa Al-Asy’ari, dari Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam, beliau bersabda:

إن الله ليطلع في ليلة النصف من شعبان فيغفر لجميع خلقه إلا لمشرك أو مشاحن

“Sesungguhnya Allah melihat waktu malam pertengahan Sya’ban, maka (Allah) mengampuni semua makhluk-Nya kecuali orang musyrik atau orang yang bersengketa," (HR. Ibnu Majah).

Menurut Syekh Osama, sangat disayangkan jika keutamaan malam Nisfu Sya'ban terlewatkan begitu saja karena masih adanya dosa ini. Padahal malam Nisfu Sya'ban adalah malam yang agung dan penuh pengampunan. Ini adalah adalah salah satu malam istimewa yang Allah SWT berikan kepada hamba-Nya. 

"Suatu malam di mana doa kepada Allah akan dikabulkan. Dan karena alasan ini, para ulama telah menganjurkan untuk menghormati dan menghidupkan malam ini," katanya. 

"Instropeksi diri dan cobalah untuk berbuat baik kepada sesama. Dan jangan membuat sedikit pun pertengkaran atau permusuhan dengan orang-orang," tambahnya. 

Malam Nisfu Sya'ban sangat istimewa dan umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah di waktu ini. Berbagai ibadah seperti puasa, sholat sunnah hingga berdzikir bisa dilakukan untuk meraih keutamaan waktu ini.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA