Kamis 17 Mar 2022 14:57 WIB

Bara Foundation, Wadah UMKM Ciptakan Kemandirian Ekonomi Diluncurkan

UMKM dapat menjadi garda paling depan dalam pencapaian pertumbuhan ekonomi nasional.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Pendiri Bara Foundation, Rafif Muhammad Rizqullah.
Foto: Istimewa
Pendiri Bara Foundation, Rafif Muhammad Rizqullah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bara Foundation sebagai wadah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) resmi diluncurkan pada Kamis (17/3/2022), yang dihadiri pelaku usaha, stakeholder partners, masyarakat, dan perwakilan Pemprov DKI Jakarta. Bara Foundation sebuah platform gerakan sosial berbasis komunitas yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menciptakan kemandirian ekonomi melalui usaha mikro.

Selaku pemberi akses permodalan, Yayasan Bara Bakti Nusantara yang membawahi Bara Foundation bisa fokus terhadap pemberdayaan masyarakat dengan mengarahkan pemanfaatan ruang digital. Sehingga dapat melahirkan generasi wirausaha yang siap menghadapi industri 5.0, bahkan lahir masyarakat yang mandiri secara ekonomi.

Pendiri Bara Foundation, Rafif Muhammad Rizqullah, mengatakan, UMKM memang merupakan sektor yang paling terpukul oleh dampak pandemi Covid-19. Tetapi, peran UMKM dapat menjadi garda paling depan dalam pencapaian pertumbuhan ekonomi nasional.

"Maka dari itu kami berkomitmen ingin mewadahi para pelaku UMKM dan masyarakat umum yang ingin mendirikan usaha untuk berani bangkit, agar industri UMKM dapat berdiri secara mandiri dan mampu mengembangkan usahanya," jelasnya kepada awak media di sela-sela peluncuran tersebut di Jakarta, Kamis.

Rafif menyampaikan, platform yang didirikannya mengajak masyarakat Indonesia untuk melakukan aksi di berbagai kota dengan mengkampanyekan #memBARAbersama, guna menyadarkan masyarakat untuk mau bangkit. "Harapan kami dengan tagar ini masyarakat bisa bangkit dengan mau menjadi wirausahawan dengan memanfaatkan ruang digital secara maksimal," ujarnya.

Menurut Rafif, yayasan bisa membangun basis relawan untuk menjadi penghubung dan pendamping di masyarakat. Setelah itu, bersama partner pemangku kepentingan akan melakukan edukasi sosial melalui beberapa literasi pokok guna memperkuat masyarakat di sektor usaha mikro. Pihaknya turut mendampingi unit usaha mikro masyarakat yang telah dibentuk hingga nantinya dapat di take off secara mandiri dan tangguh.

Harapannya, kegiatan yang dilakukan oleh para relawan di berbagai daerah dapat memberikan semangat baru bagi industri usaha mikro agar terus berinovasi dan mau bangkit. "Maka ke depannya, ini akan menjadi komitmen yang nyata bagi Bara Foundation untuk melakukan pemberdayaan dengan cara pelatihan dan pendampingan secara berkala, agar masyarakat Indonesia menjadi tangguh dan mampu berdaya saing di pasar nasional maupun global," ucap Rafif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement