Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

Kalahkan Arsenal 0-2, Liverpool Tempel Ketat City 

Kamis 17 Mar 2022 05:07 WIB

Red: Bayu Hermawan

 Pemain Arsenal Cedric Soares (kanan) berebut bola dengan pemain Liverpool Luis Diaz (kiri) pada pertandingan Liga Primer Inggris di Stadion Emirates, Kamis (17/3/2022) dini hari.

Pemain Arsenal Cedric Soares (kanan) berebut bola dengan pemain Liverpool Luis Diaz (kiri) pada pertandingan Liga Primer Inggris di Stadion Emirates, Kamis (17/3/2022) dini hari.

Foto: EPA
Liverpool kalahkan Arsenal dengan skor 2-0 di Stadion Emirates.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Babak pertama laga antara Arsenal melawan Liverpool di Stadion Emirates, Kamis (17/3/2022) berakhir imbang tanpa gol alias 0-0. Kedua tim saling bergantian menyerang namun tak ada satupun yang berhasil dikonversi menjadi gol.

Liverpool langsung menggebrak begitu pluit pertandingan dimulai. Tercatat, the Reds mendapatkan tiga tendangan penjuru dalam kurun waktu dua menit. Salah satunya nyaris berbuah gol, sayang tandukan dari Virgil van Dijk masih bisa dihalau kiper Arsenal Aaron Ramsdale.

Di menit-menit awal pertandingan, Liverpool berhasil mengontrol pertandingan. Beberapa kali serangan the Reds yang dibangun dari lapangan tengah mampu mengancam. Namun, barisan pertahanan the Gunners yang disiplin mampu mengagalkan serangan yang datang.

Memasuki menit ke-15, Arsenal mulai bangkit. Mengandalkan serangan dari sayap melalui Martinelli dan Saka, skuat asuhan Arterta mampu membuat lini belakang Liverpool bekerja keras. Tetapi, solidnya lini belakang Si Merah membuat serangan Meriam London tak mampu membobol gawang Liverpool.

Jual beli serangan dan saling bergantian menguasai bola tersaji sepanjang babak pertama. Liverpool nyaris mencetak gol pada menit ke-44, kala Sadio Mane berhasil lolos dari kawalan bek Arsenal usai mendapatkan umpan lambung dari belakang. Namun, sayang, tembakannya masih melambug.

Berdasarkan statistik pertandingan, Liverpool mencatatkan 56 persen penguasaan bola, sementara Arsenal mencatatkan 44 persen penguasaan bola. Arsenal melakukan 4 kali percobaan tendangan ke gawang namun tak ada satupun yang tepat sasaran. Sementara Liverpool mencatatkan tiga tendangan ke gawang dan satu tepat sasaran.

Babak kedua dimulai, kedua tim langsung bermain dengan intensitas tinggi. Liverpool mengejutkan tuan rumah saat Sadio Mane membobol gawang Ramsdale. Namun, wasit menganulir gol tersebut karena Mane telah terlebih dulu offside saat mendapat umpan dari Jota.

The Gunners langsung merespon dengan membombardir pertahanan Si Merah. Martinelli menyulitkan pemain belakang Liverpool saat berhasil mengocek beberapa pemain, sayang umpan tariknya tak ada yang menyambut. Beberapa menit kemudian, giliran Odegaard yang punya peluang matang usai menerima umpan manis dari Lacazette, tetapi tembakannya berhasil ditepis oleh Alisson.

Liverpool akhirnya berhasil membobol gawang Arsenal pada menit ke-54. Melalui skema serangan balik cepat, Thiago mengirimkan umpan terobosan kepada Jota. Pemain asal Portugis itu kemudian mengiring bola dan melepaskan tembakan yang tak bisa dihalau kiper Arsenal. Liverpool 1-0 Arsenal.

Menit ke-55, Klopp melakukan pergantian pemain dengan menarik keluar Luis Diaz dan Diogo Jota kemudian memasukan Roberto Firmino dan Mohamed Salah. Pergantian pemain tersebut terbukti efektif. Sebab lima menit kemudian tepatnya menit ke-62, Liverpool berhasil menambah keunggulan.

Berawal dari serangan yang menyebabkan kemelut di depan gawang, Robertson mengirimkan umpan tarik dari dalam kotak penalti. Roberto Firmino yang menerima kemudian melakukan tap-in dari sudut sempit dan mengecoh kiper Arsenal. Liverpool 2-0 Arsenal.

Arteta melakukan pergantian pemain pada amenit ke-66 dengan menarik Odegaard dan memasukan Smith Rowe. Arsenal mencoba mencari gol dengan tetap mengandalkan serangan cepat cari kedua sayap. Sementara Liverpool semakin tenang dalam bermain. Arteta kembali melakukan pergantian pemain pada menit ke 73 denga  menarik Saka dan memasukan Pepe. Arterta melakukan pergantian pemain terakhir dengan menarik Lacazette dan memasukan Nketiah.

Jelang akhir pertandingan, Klop memasukan Jones menggantikan Thiago. Arsenal nyaris mencetak gol memperkecil ketertinggalan pada menit ke-87, namun sayang tembakan Martinelli masih sedikit melebar ke samping gawang Liverpool.

Hingga babak kedua berakhir, skor tak berubah Liverpool menang dari Arsenal. Kemenangan ini memperpanjang catatan apik the Reds kala bertemu the Gunners sejak Oktober 2020. Arsenal juga tidak pernah bisa membobol gawang Liverpool dalam enam pertemuan terakhir di semua ajang kompetisi. Kemenangan ini juga membawa Liverpool semakin menempel ketat Manchester City. Kini jarak poin antara Citizens dan The Reds hanya terpaut satu poin.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA