Rabu 16 Mar 2022 22:59 WIB

Masjidil Haram Sediakan Alquran Terjemahan Bahasa Indonesia

Masjidil Haram menyedikan mushaf Alquran untuk mudahkan para jamaah

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Masjidil Haram. Masjidil Haram menyedikan mushaf Alquran untuk mudahkan para jamaah
Foto: Balkis Press/ABACAPRESS.COM
Ilustrasi Masjidil Haram. Masjidil Haram menyedikan mushaf Alquran untuk mudahkan para jamaah

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Badan Bimbingan dan Panggilan di bawah Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci di Arab Saudi, yang diwakili oleh Administrasi Alquran, telah menyediakan rak-rak dengan 150 ribu eksemplar Alquran baru dari Kompleks Raja Fahd untuk Pencetakan Alquran. 

Seluruh Alquran tersebut ditujukan bagi pengunjung Masjidil Haram. Direktur Administrasi Alquran di Masjidil Haram, Hamzah Bin Ibrahim Al-Salimi, mengatakan pemerintah sudah menyediakan rak dan laci khusus dengan salinan Alquran braille untuk penyandang tunanetra. 

Baca Juga

"Di rak tersebut terdapat cetakan Alquran terjemahan dalam beberapa bahasa. Di antaranya adalah bahasa Inggris, Urdu, dan Indonesia," kata Al-Salimi, seperti dilansir Saudi Gazette, Rabu (16/3/2022).

Selain itu juga ada salinan Al-Tafsir Al-Muyassar, Al-Mushaf Al-Jawamii, dan Alquran ukuran besar. Semua cetakan Alquran dan kitab tafsir ini disebar di berbagai lokasi Masjidil Haram. 

Al-Salimi menekankan, proses penyediaan Alquran, tafsirnya, cetakan braille, dan Al-Tafsir Al-Muyassar sedang berlangsung untuk memberi manfaat bagi pengunjung Masjidil Haram dan agar mereka dapat menggunakan waktunya dengan bijak. 

Kompleks Raja Fahd yang memiliki luas 250 ribu meter persegi untuk Percetakan Alquran di Madinah, mencetak sekitar 18 juta eksemplar per tahun. 

Produksi Alquran di lembaga ini menggunakan sensor yang dapat mendeteksi cacat pencetakan dan salinannya juga dapat bertahan selama sekitar 100 tahun. 

Kompleks Raja Fahd untuk Percetakan Alquran didirikan pada 1985, dengan tujuan untuk memproduksi dan mendistribusikan publikasi cetak dan audio Islami. 

Selain mencetak Alquran, tempat itu juga merekam bacaan dalam berbagai gaya populer di seluruh dunia Islam, menawarkan terjemahan dan interpretasi, menyajikan ilmu-ilmu Alquran, menerbitkan sunnah Nabi dan biografi, bersama  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement