Rabu 16 Mar 2022 22:39 WIB

Menafkahi Anak Yatim dengan Dana Zakat Boleh, Asalkan..

Anak yatim bisa masuk kategori penerima zakat selama kriterianya terpenuhi

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Berbagi dengan anak yatim (ilustrasi). Anak yatim bisa masuk kategori penerima zakat selama kriterianya terpenuhi
Foto: Antara/ Feny Selly
Berbagi dengan anak yatim (ilustrasi). Anak yatim bisa masuk kategori penerima zakat selama kriterianya terpenuhi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menyantuni atau menafkahi anak yatim merupakan perbuatan mulia. Muncul pertanyaan apakah boleh menafkahi anak yatim dengan dana zakat?

Anggota Fatwa Dar al-Ifta Mesir Syekh Muhammad Abdul Sami menyampaikan penjelasan tentang tentang hal tersebut. apakah boleh menafkahi anak yatim dengan dana zakat.

Baca Juga

Dia memulai penjelasannya dengan mengutip Surat At Taubah ayat 60. Allah SWT berfirman: 

إِنَّمَا الصَّدَقَاتُ لِلْفُقَرَاءِ وَالْمَسَاكِينِ وَالْعَامِلِينَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمْ وَفِي الرِّقَابِ وَالْغَارِمِينَ وَفِي سَبِيلِ اللَّهِ وَابْنِ السَّبِيلِ ۖ فَرِيضَةً مِنَ اللَّهِ ۗ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِي

"Sesungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang miskin, amil zakat, yang dilunakkan hatinya (mualaf), untuk (memerdekakan) hamba sahaya, untuk (membebaskan) orang yang berutang, untuk jalan Allah dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai kewajiban dari Allah. Allah Mahamengetahui, Mahabijaksana." (QS At Taubah ayat 60) 

Menurut Syekh Abdul Sami, anak yatim bisa termasuk golongan penerima zakat selama memenuhi kriteria tersebut.

"Tak masalah mengalokasikan sebagian dana zakat untuk memenuhi kebutuhan dan merawat anak yatim. Dengan catatan, dana yang dizakatkan untuk memberi makan anak yatim dan menafkahinya itu (diperoleh) sesuai syariat," jelasnya. 

Penasihat Mufti Mesir, Syekh Majdi Ashour juga menjelaskan, bila seorang Muslim mengeluarkan zakat mal (zakat harta) untuk menafkahi anak yatim, maka ini dibolehkan. "Boleh menafkahi anak yatim dari zakat mal, asalkan untuk memenuhi kebutuhan dasar anak yatim itu," tutur dia. 

Meski begitu, Syekh Ashour menyarankan, lebih baik menafkahi anak yatim dengan menggunakan dana pribadi.

Baca juga: 3 Tanda yang Membuat Mualaf Eva Yakin Bersyahadat

Hal ini supaya zakat hartanya mengalir kepada orang-orang lain yang membutuhkannya sehingga mereka dapat memanfaatkannya. Saran ini khususnya ditujukan bagi orang-orang yang kondisinya memang mampu. 

"Menafkahi anak yatim adalah sedekah jariyah. Membesarkan anak yatim sejak kecil. Nabi Muhammad SAW pun telah bersabda tentang menafkahi anak yatim," jelas Syekh Ashour.  Rasulullah SAW bersabda: 

أنا وَكافلُ اليتيمِ في الجنَّةِ كَهاتين ، وأشارَ بأصبُعَيْهِ يعني : السَّبَّابةَ والوسطى "Aku dan orang yang memelihara anak yatim itu akan masuk surga seperti ini." Nabi memberi isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah serta merenggangkan keduanya.” (HR Bukhari)

 

Sumber: elbalad

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement