Rabu 16 Mar 2022 23:59 WIB

Menpora Harap Hadirnya Layanan Kesehatan Intibios di Bandung Berdampak Baik Bagi Jabar

Efek dari kesehatan masyarakat akan membawa dampak bagi pemulihan ekonomi.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin (tengah).
Foto: Dok. Kem
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin (tengah).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Pandemi Covid-19 telah memberikan pelajaran berharga untuk masyarakat, bahwa baik muda maupun tua bisa menghadapi masalah kesehatan yang sama. Karena itu, penguatan sektor kesehatan pascapandemi harus mampu melayani semua segmen masyarakat. 

Penguatan sektor kesehatan harus didorong agar dapat semakin memperkuat momentum pemulihan ekonomi. Demikian disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali ketika meresmikan Intibios Lab, Klinik, dan Farmasi di Bandung, Jawa Barat.

Baca Juga

“Kita sudah belajar bagaimana negara, dan juga individu atau rumah tangga, harus mengeluarkan biaya yang luar biasa akibat masalah kesehatan. Jika masalah kesehatan bisa diantisipasi dengan pemeriksaan kesehatan, uang, waktu, dan kesempatan bisa dioptimalkan untuk hal-hal produktif. Jadi saya menyambut baik kehadiran layanan kesehatan ini,” ujar Zainudin di Bandung, Selasa (15/3/2022). 

Zainudin melanjutkan, kehadiran Intibios di Bandung, yang merupakan ibu kota provinsi dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia, memiliki makna strategis. Efek dari kesehatan masyarakat akan membawa dampak bagi pemulihan ekonomi. Apalagi, pada provinsi dengan jumlah penduduk yang besar.

“Kalau Bandung sehat, berarti Jawa Barat sehat. Dan kalau Jawa Barat sehat, insya Allah Indonesia akan sehat, Jika penduduk Jawa Barat yang hampir 50 juta jiwa ini terjaga kesehatannya, insya Allah perekonomian kita akan cepat pulih. Karena itu saya mengapresiasi dan berterima kasih kepada Walikota Bandung yang telah bekerja keras mengawal wilayah yang sangat strategis ini selama masa sulit pandemi ini,” papar menteri asal Gorontalo ini yang berharap para atlet Indonesia pun pastinya sehat dan kuat. 

Intibios Lab, Klinik & Farmasi adalah jaringan nasional layanan kesehatan terintegrasi. Awalnya, sejumlah pengusaha, dokter, dan tenaga ahli laboratorium berkolaborasi membangun laboratorium untuk membantu penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia. 

“Penguatan sektor kesehatan tidak saja membawa dampak kesehatan individu, tetapi juga produktivitas ekonomi masyarakat. Kesehatan adalah investasi strategis untuk kekuatan bangsa di masa depan. Intibios hadir untuk memberikan layanan terintegrasi yang dibutuhkan masyarakat. Dengan teknologi dan sistem informasi mutakhir, masyarakat akan mendapatkan akseskesehatan yang akurat dan tepercaya,” ujar Rio Abdurrachman, Direktur Utama Intibios Lab, Klinik, dan Farmasi pada acara peresmian tersebut. 

Intibios Lab, Klinik & Farmasi adalah buah kolaborasi sejumlah pelaku usaha, dokter, dan tenaga ahli laboratorium yang digagas Enggartiasto Lukita, pengusaha senior yang juga mantan Menteri Perdagangan bersama pengusaha Sumadi Seng, Belly Budiman, Rio Abdurrachman, dan Dokter Nanny Djaya. Intibios Lab, Klinik & Farmasi kini memiliki 35 unit layanan di 18 kota di Indonesia. 

“Ke depan, sektor kesehatan semakin strategis dalam pembangunan sebuah wilayah. Produktivitas dan ketahanan sosial-ekonomi suatu wilayah semakin ditentukan oleh kehadiran dan kemampuan sektor kesehatan di tempat itu. Kami ingin menjadi bagian dari penguatan sektor kesehatan di kota-kota tempat kami beroperasi, menjadi bagian dari pembangunan ekonomi, ketahanan sosial, dan kualitas manusia di mana pun kami berada,” ujar Enggartiasto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement