Rabu 16 Mar 2022 17:51 WIB

Menkop Teten Temui Menkopolhukam Tindak Lanjuti Penanganan Koperasi Bermasalah

Kemenkop UKM terus mengawal roses homologasi 8 Koperasi bermasalah.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nidia Zuraya
Ilustrasi Koperasi Simpan Pinjam
Foto: Foto : MgRol112
Ilustrasi Koperasi Simpan Pinjam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD. Pertemuan itu guna menindaklanjuti penanganan koperasi bermasalah di Indonesia.

Teten menekankan keseriusan pemerintah dalam menangani persoalan koperasi bermasalah di tanah air. “Dari kami, Kementerian Koperasi dan UKM terus melakukan pengawalan pada proses homologasi 8 Koperasi bermasalah," ujarnya usai pertemuan dengan Menkopolhukam Mahfud MD di Jakarta, Rabu (16/3/2022).

Baca Juga

Hal itu sesuai putusan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Koperasi  Bermasalah. Pertemuan dengan Menkopolhukam itu juga disebutnya sebagai langkah konkret sekaligus koordinasi dalam menindaklanjuti penanganan dari perspektif lebih luas. 

“Satgas berupaya agar KSP bermasalah dapat melakukan pembayaran homologasi (PKPU). Sesuai dengan putusan Pengadilan agar simpanan anggota koperasi dapat dikembalikan melalui proses asset based resolution,” kata dia.

Lebih lanjut Menkopolhukam Mahfud MD menyatakan akan segera menindaklanjuti hasil pertemuan dengan Teten Masduki. "Kemenko Polhukam akan segera mengundang para pejabat terkait untuk menemukan formulasi penyelesaian masalah ini, termasuk dari sisi hukum dan regulasi,” kata Mahfud.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement