Rabu 16 Mar 2022 17:26 WIB

Ketua Komisi X DPR: MotoGP Jadikan Indonesia Pasar Luar Biasa

Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda berharap Motogp jadikan Indonesia sebagai pasar.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bilal Ramadhan
Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda berharap Motogp jadikan Indonesia sebagai pasar luar biasa.
Foto: Dok Pri
Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda berharap Motogp jadikan Indonesia sebagai pasar luar biasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda mengapresiasi kerja pemerintah dalam memuluskan pagelaran Motogp di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Menurutnya, even tersebut dapat menjadikan Indonesia sebagai pasar yang luar biasa di masa depan.

"Sekali lagi menandakan betapa bagaimana pasar yang begitu luar biasa bagi masa depan Indonesia terkait dengan agenda Motogp ini. Tadi Pak Presiden sampaikan hampir ada 100 berapa juta penduduk Indonesia, terutama anak-anak muda penggemar motor," ujar Huda dalam rapat kerja dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Rabu (16/3/2022).

Baca Juga

Ia melihat, animo tinggi masyarakat dari even balap motor terbesar di dunia ini menjadi potensi peningkatan ekonomi masyarakat Indonesia. Terutama bagi masyarakat asli NTB dalam memanfaatkan momentum tersebut.

"Motogp betul-betul menjadi momentum untuk reborn pariwisata kita dan sekaligus reborn untuk ekonomi kreatif yang berupa pelibatan penuh seluruh pelaku industri kreatif dan industri ekonomi kreatif," ujar Huda.

Dia berharap Sandiaga dapat memanfaatkan momentum tersebut untuk mempromosikan pariwisata Indonesia lain ke mata dunia lewat pagelaran Moto GP seri Mandalika tersebut. Agar pemulihan ekonomi di sektor wisata dapat dirasakan masyarakat Indonesia.

"Kita bersyukur pada pagi hari ini kita saksikan tadi di televisi parade MotoGP terlaksana dengan baik. Saya dikontak Mas Menteri dari banyak temen, ini Indonesia memang selalu punya agenda unik di mana-mana parade motor itu nggak ada, parade MotoGP, tapi bisa terlaksana di Indonesia," ujar politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Sandiaga menjelaskan, pagelaran Motogp seri Mandalika dapat membangkitkan peluang usaha masyarakat. Dampak baiknya juga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi warga.

"Motogp Mandalika ini kita harapkan bisa membangkitkan ekonomi, membangkitkan peluang usaha, dan lapangan kerja seluas luasnya dan kami meyakini ini kebijakan yang tepat sasaran tepat manfaat dan tepat waktu," ujar Sandiaga.

Even balap motor tingkat internasional ini, jelas Sandiaga, merupakan salah satu momentum pemulihan dan kebangkitan ekonomi nasional. Motogp Mandalika juga menjadi salah satu momentum menuju endemi.

"Kebangkitan kita ini tentu akan terpicu dengan penyelenggaraan even terbesar skala internasional, yang mudah-mudahan akan membangun momentum yang kuat untuk pemulihan kita," ujar Sandiaga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement