Wednesday, 17 Syawwal 1443 / 18 May 2022

Ingin Pakai Kartu Kredit untuk Modal Bisnis? Pahami 5 Hal Ini

Sabtu 14 May 2022 10:58 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Bisnis dengan Kartu Kredit

Bisnis dengan Kartu Kredit

Tak ada salahnya jika kamu pakai kartu kredit untuk modal bisnis. Agar bisnis dan cicilan kartu kredit tetap lancar, sebaiknya pahami hal penting berikut ini!

Di Indonesia, hampir semua bank menyediakan produk kartu kredit. Berbagai penawaran kartu kredit yang beragam tentunya memenuhi keinginan masyarakat akan kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhannya.

Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari penggunaan kartu kredit. Selain digunakan untuk berbagai transaksi belanja, kartu kredit juga bisa kamu manfaatkan untuk modal bisnis. 

Namun hal ini tentu tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, pastikan sudah memiliki pertimbangan yang tepat ketika menggunakan kartu kredit sebagai sumber modal untuk usaha yang dijalankan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib dipenuhi, sebelum kamu menggunakan kartu kredit untuk memodali bisnis: 

 

1. Memahami Manfaat dan Resiko dengan Baik

kartu kredit untuk modal bisnis

Manfaat dan risiko

Kartu kredit akan memberikan kamu banyak keuntungan, jika digunakan dengan cara yang tepat. Hal ini tentu harus dibarengi dengan pemahaman yang baik sejak awal, terkait resiko dan juga manfaat yang bisa didapatkan dari produk kartu kredit. 

Saat kamu bisa memanfaatkannya dengan tepat, maka kartu kredit akan membantu dan memberikanmu keuntungan lebih. Hal sebaliknya juga berlaku, ketika kamu menggunakannya tanpa mengetahui manfaatnya dengan baik dan maksimal. 

Sama halnya dengan produk kredit lainnya yang diberikan perbankan, kartu kredit juga memiliki sejumlah resiko. Semua transaksi yang dilakukan dengan alat pembayaran ini adalah utang. 

Artinya, kamu akan memiliki kewajiban untuk melunasi seluruh tagihan di dalamnya, termasuk ketika menggunakannya sebagai modal. Pemahaman yang baik tentang resiko di dalam kartu kredit akan sangat membantu kamu untuk selalu bijak ketika menggunakannya. 

Pahami semua manfaat dan juga resiko di dalam kartu kredit terlebih dahulu, sebelum akhirnya mengambil keputusan untuk menggunakannya sebagai modal. Hal ini penting, agar kamu bisa menghindari dari berbagai masalah dan resiko gagal bayar di kemudian hari. 

Baca Juga: Memanfaatkan Kartu Kredit untuk Bisnis 'Online'

2. Punya Tujuan yang Jelas

Bisnis yang ideal adalah bisnis yang sudah memiliki tujuan yang jelas. Bisnis yang seperti ini akan membantu kamu tetap fokus mengembangkan bisnis. 

Jika belum memiliki tujuan ini, maka resiko kegagalan tentu akan lebih besar. Menjalankan bisnis tanpa strategi, biaya produksi tidak terkendali dan sebagainya tentu saja bisa terjadi. Sementara, kamu memiliki kewajiban untuk membayarkan kembali modal yang digunakan dari kartu kredit. 

Bukan hanya beresiko mengalami kegagalan bisnis, kondisi seperti ini bahkan beresiko memiliki utang kartu kredit yang besar. Maka dari itu, sangat penting menentukan tujuan bisnis yang tepat, agar penggunaan modal kelak sesuai tujuan dan tepat sasaran.

Baca Juga: Sejuta Manfaat Baik Kartu Kredit untuk Generasi Millenial

3. Memahami Keuangan dan Punya Rencana Bisnis 

kartu kredit untuk modal bisnis

Rencana bisnis

Bisnis juga akan berkaitan dengan keuanganmu secara keseluruhan. Jika kondisi keuangan bermasalah, maka kemungkinan kondisi bisnis di kemudian hari juga akan ikut terkena imbasnya. 

Selain itu, kamu juga perlu memahami dasar-dasar keuangan dengan baik. Hal ini terkait dengan banyak hal, seperti: perputaran modal, perhitungan potensi keuntungan, dan yang lainnya.

Di luar masalah keuangan, rencana bisnis juga akan menjadi faktor pendukung yang dapat menentukan kesuksesan bisnis. Pastikan kamu sudah memiliki rencana bisnis yang tepat, sebelum menggunakan kartu kredit sebagai modalnya. Hal ini akan memperkecil resiko dan mempermudah kamu mengelola bisnis tersebut dengan sukses. 

4. Memiliki Pengalaman Bisnis

Pengalaman akan menentukan kesuksesan, hal ini berlaku dalam semua hal, termasuk dalam dunia bisnis juga. Pengalaman tidak harus selalu berkaitan dengan apa yang sudah dilakukan. 

Artinya, tidak selalu terkait dengan bisnis yang sudah dijalankan sebelumnya. Kamu bisa saja mendapatkan pengalaman dari aktivitas bisnis orang lain, misalnya ketika kamu bekerja pada orang lain atau bahkan dari pebisnis di sekitar. 

Penting untuk memiliki pengalaman terkait bisnis terlebih dahulu, sebelum menggunakan kartu kredit sebagai modal. Pengalaman akan membantu kamu memiliki gambaran terkait cara menangani bisnis, bahkan cara membuatnya sukses. 

Dengan begitu, kamu akan lebih percaya diri sehingga bisa memiliki peluang untuk bisa lebih nyaman dan tenang dalam mengelola bisnis tersebut. 

Rencanakan Pakai Kartu Kredit untuk Modal

Menggunakan kartu kredit sebagai modal bisnis memang tidak ada salahnya, selama dilakukan dengan cara yang tepat. Agar berjalan aman dan sesuai rencana, kamu sudah memahami bisnis dan juga penggunaan modal tersebut dengan baik terlebih dahulu. Hal ini penting dan akan membantu kamu mengelola modal dengan tepat, sehingga kesuksesan bisnis terwujudkan. 

Baca Juga: Ternyata Inilah Pentingnya Kartu Kredit Pertama Saat Memohon Kartu Kredit Lain

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA