Rabu 16 Mar 2022 17:06 WIB

Ronaldinho Berlinang Air Mata Masuk Hall of Fame Sepak Bola Dunia

Ronaldinho hampir memenangkan segalanya selama kariernya sebagai pesepak bola.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Ronaldinho saat memenangkan Ballon dÓr pada 2005.
Foto: AP/Christophe Ena
Ronaldinho saat memenangkan Ballon dÓr pada 2005.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ronaldinho berlinang air mata bahagia saat mendapatkan penghargaan Hall of Fame sepak bola dunia tahun 2022. Pemain Brasil itu dinobatkan bersama dengan bek Fabio Cannavaro, striker Spanyol Raul, gelandang Brasil Roberto Carlos dan pelatih asal Swedia Pia Sunhage.

Dengan air mata kegembiraan, Ronaldo mendapat hadiah trofi yang diberikan oleh Rafael Marquez, salah satu sahabatnya di Barcelona. Mereka pernah bersama-sama memenangkan final Liga Champions UEFA 2005 di Paris melawan Arsenal.

Baca Juga

Ronaldinho hampir memenangkan segalanya selama kariernya sebagai pesepak bola di mana ia bermain untuk delapan klub dari tahun 1998 hingga 2015. Di antara pencapaiannya yang paling menonjol adalah memenangkan Piala Dunia 2002 di Korea Selatan/Jepang.

Prestasi lainnya adalah Copa America di Paraguay 1999, Piala Konfederasi pada tahun 2005 dan Liga Champions yang disebutkan di atas pada tahun 2005, tahun di mana ia memenangkan Bola Emas (Ballon d'Or).

Namun, ia menonjol karena senyumnya dan bakat uniknya yang membuat rekan satu tim dan saingannya mengaguminya.

Karier Ronaldinho di lapangan hijau berakhir cepat karena kegagalannya menjaga kebugaran akibat sering berpesta. Nama Ronaldinho juga sempat tercoreng karena dia didakwa memalsukan paspor saat masuk ke Paraguay. Namun, itu tak menghalanginya masuk Hall of Fame sepak bola dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement