Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Suko Waspodo

Konsep Pengasuhan Positif Menghilangkan Frustrasi

Eduaksi | Wednesday, 16 Mar 2022, 13:33 WIB
image: Parents

Ketika anak Anda berteriak, Anda merasa seperti kehilangan akal. Ini adalah sesuatu yang akrab bagi semua ibu dan pengasuh. Bagaimana Anda bisa membuat anak berhenti menangis dan menenangkan diri? Pola asuh positif memiliki jawaban yang Anda butuhkan.

Pola asuh positif adalah cara baru mengasuh anak, yang memungkinkan Anda menghadapi situasi yang paling membuat frustrasi dan sulit dalam kehidupan orang tua tanpa kehilangan kesabaran, berteriak, atau memukuli anak Anda. Mengasuh secara positif adalah tentang mendisiplinkan anak Anda dengan kesabaran dan kelembutan sambil mempertahankan otoritas Anda. Konsep mengasuh secara positif memungkinkan Anda untuk membentuk hubungan yang kuat dengan anak-anak, menunjukkan kepada mereka bahwa mereka berharga dan Anda menghormati mereka. Pada gilirannya, anak akan menghormati dan memercayai Anda, mengetahui bahwa Anda tidak akan membiarkannya pergi, apa pun situasinya.

Berhenti Berteriak

Kebanyakan orang tua menjadi frustrasi dengan tangisan bayi mereka dan mereka mulai meninggikan suara mereka atau bahkan menampar anak itu. Ini mungkin membuat Anda mendapat reaksi dari orang dewasa tetapi dengan anak-anak itu tidak berhasil. Dengan meninggikan suara, Anda hanya akan membuat anak semakin cemas. Terlepas dari usia anak, ketika dia berteriak, satu-satunya "senjata" Anda adalah merendahkan suara Anda dan berbicara dengannya dengan suara lembut. Ini akan membantu Anda tenang dan anak Anda. Untuk anak-anak yang lebih besar yang dapat berbicara, menyapa mereka dengan suara lembut akan mendorong mereka untuk berbagi ketidaknyamanan mereka, yang akan menyelesaikan masalah.

Bicaralah dengan Anak Anda

Ketika seorang anak menangis, dia membutuhkan sesuatu. Sejak kita lahir, menangis adalah cara utama untuk berkomunikasi, sehingga anak kecil cenderung menangis ketika mereka menginginkan sesuatu, daripada berbicara. Untuk menenangkan anak, bicaralah padanya dan bersabarlah. Ini akan menunjukkan kepada anak bahwa Anda mencintainya, bahkan jika situasinya tidak menyenangkan bagi Anda. Ini akan membangun rasa hormat yang kuat antara Anda dan anak. Bahkan dalam kasus bayi, berbicara dapat membuat keajaiban. Terkadang bayi hanya membutuhkan Anda, dia perlu mendengar suara Anda dan dia perlu tahu bahwa Anda ada untuknya, jadi jika bayi menangis cobalah berbicara dengannya.

Latih Kesabaran

Ini adalah metode yang aneh, tetapi ini akan sangat membantu Anda dan anak Anda, jadi cobalah. Latih kesabaran: setiap kali Anda frustrasi dan Anda merasa tidak tahan lagi dengan tangisan anak Anda, hitung sampai sepuluh, tarik napas dalam-dalam dan visualisasikan diri Anda di tempat yang santai. Istirahat kecil ini akan menenangkan Anda dan memberi Anda kekuatan untuk melanjutkan. Semakin banyak Anda berlatih, semakin mudah bagi Anda untuk menenangkan anak Anda dan memahami apa kebutuhannya.

Luangkan Waktu Sejenak

Ada saat-saat ketika bernapas dan menghitung saja tidak cukup, jadi Anda perlu istirahat yang nyata. Jangan menyalahkan diri sendiri ketika Anda merasa perlu mengambil waktu istirahat karena dalam jangka panjang, itu akan lebih menguntungkan anak Anda daripada jika Anda mencoba untuk melanjutkan apa adanya. Jika Anda memiliki bayi, taruh dia di tempat tidurnya dan buka mesin penenang tidur atau mesin pembuat suara, lalu biarkan dia menangis saat Anda pergi ke ruangan lain dan istirahat 10 menit. Rahim adalah lingkungan yang bising, jadi Anda mungkin menemukan bayi Anda akan berhenti menangis dengan bantuan dari suara-suara kosong.

Jika anak-anak Anda lebih besar, lebih sulit untuk menjaganya di satu tempat, tetapi lakukan yang terbaik bahkan jika Anda harus mengunci mereka di kamar mereka selama beberapa menit. Ketika Anda sudah tenang kembali, angkat anak itu dan bicaralah dengannya. Anda akan melihat Anda akan lebih mudah memahaminya ketika Anda memiliki kekuatan untuk lebih sabar.

Mengasuh anak bukanlah pekerjaan yang mudah, jadi jika Anda masih berjuang dengan anak-anak Anda, bergabunglah dengan kelompok yang mendukung dan lihat apa yang dilakukan ibu-ibu lain. Bagikan pengalaman Anda dan dapatkan wawasan dari orang tua lain; lagi pula, butuh tempat dan suasana untuk membesarkan anak, jadi jangan takut untuk belajar dari orang tua lain.

***

Solo, Rabu, 16 Maret 2022. 1:23 pm

'salam hangat penih cinta'

Suko Waspodo

suka idea

antologi puisi suko

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image