Ketua DPR Ajak Pimpinan AKD Ikut Sukseskan IPU Ke-144

DPR RI dapat ikut ambil peran dalam membangun kerja sama dan komitmen internasional.

Rabu , 16 Mar 2022, 13:29 WIB
Ketua DPR Puan Maharani.
Foto: Prayogi/Republika
Ketua DPR Puan Maharani.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- DPR RI akan menggelar sidang Inter-Parliament Union (IPU) ke-144 pada 20-24 Maret 2022 mendatang. Ketua DPR RI, Puan Maharani mengajak para pimpinan alat kelengkapan dewan (AKD) ikut menyukseskan perhelatan IPU ke-144.

"Atas nama pimpinan, saya mengundang seluruh pimpinan AKD untuk dapat ikut menghadiri sidang IPU ke-144, sebagai wujud komitmen DPR RI sebagai tuan rumah dalam menyukseskan IPU ke-144," kata Puan dalam pidato pembukaan Masa Sidang ke-IV Tahun Sidang 2021-2022, Selasa (15/3).

Rencananya IPU ke-144 akan diikuti 121 negara yang terdiri dari 37 Speaker atau President dan 34 Deputy Speaker. Puan menegaskan, sebagai tuan rumah, DPR RI akan mempersiapkan penyelenggaraan sidang IPU agar dapat berlangsung sukses dalam penyelenggaraan, sukses dalam hubungan internasional, dan sukses dalam konsensus agenda global bersama.

"Melalui sidang IPU ini, DPR RI dapat ikut mengambil peran dalam membangun kerja sama dan komitmen internasional yang dapat diimplementasikan dalam kebijakan konkret di negara masing-masing," ucapnya.

Selain itu, DPR juga ikut dalam sejumlah agenda diplomasi parlemen. Beberapa  agenda yang dihadiri antara lain pelaksanaan Meeting of the PUIC Executive Committee ke-47 di Aljazair pada 13-14 Maret 2022, dan forum diskusi antara Kementerian Luar Negeri, DPR RI serta Parlemen Palestina dalam rangka membahas perdamaian di Palestina pada 15 Maret 2022.

Untuk diketahui sidang IPU di Bali mengangkat tema 'Getting to Zero: Mobilizing Parliament to Act on Climate Change'. Meski tidak menerapkan sistem gelembung (bubble), namun pelaksanaannya dipastikan akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.