Rabu 16 Mar 2022 10:43 WIB

Telkom Intensif Pantau Kesiapan Infrastruktur Telekomunikasi MotoGP

TelkomGroup akan secara maksimal mendukung dan menyukseskan MotoGP.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Fuji Pratiwi
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk secara intensif melakukan peninjauan kualitas layanan dan jaringan infrastruktur yang tergelar di lokasi Mandalika Circuit.
Foto: Telkom
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk secara intensif melakukan peninjauan kualitas layanan dan jaringan infrastruktur yang tergelar di lokasi Mandalika Circuit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ajang kelas utama kompetisi dunia MotoGP tinggal menghitung hari. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk secara intensif melakukan peninjauan kualitas layanan dan jaringan infrastruktur yang tergelar di lokasi Mandalika Circuit.  

Guna menjamin keandalan layanan dan jaringan, Telkom melakukan rangkaian uji simulasi di Aula STO Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada pelan lalu. Selain jaringan, pada uji simulasi itu pun dilakukan uji coba seluruh layanan TelkomGroup yang tersedia di kegiatan tersebut.

Baca Juga

"Simulasi dilakukan kepada beberapa titik kritis di antaranya terhadap jaringan akses, menguji tingkat latensi, kualitas dan kecepatan koneksi, sistem keamanan, hingga melakukan simulasi stress test atau memberi pembebanan user yang tinggi," ujar Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (16/3/2022).

Herlan menyampaikan uji simulasi juga dilakukan terhadap jaringan akses atau last-mile secara spesifik di lokasi pit building, sebagai fasilitas untuk seluruh pembalap dan tim ofisial MotoGP. Kata Herlan, timnya telah banyak mencatat pelajaran dari World Superbike (WSBK) beberapa waktu silam di mana Telkom pun turut berperan dalam penyediaan layanan telekomunikasi.

"TelkomGroup telah melakukan perbaikan pada beberapa titik dengan menambah bandwidth layanan, sehingga saat ini kami siap untuk penyelenggaraan MotoGP," ucap Herlan.

Herlan menjamin apa yang disampaikan Telkom melalui konektivitas dan layanan ICT akan memiliki performa yang maksimum. 

Direktur Enterprise and Business Service Telkom Edi Witjara berharap apa yang telah dilakukan oleh Telkom tidak hanya sekadar mendukung dalam layanan telekomunikasi, tetapi juga dapat mendukung kemajuan wilayah Nusa Tenggara Barat. TelkomGroup, ucap Edi, akan secara maksimal mendukung dan menyukseskan kegiatan internasional ini. 

"Kami akan berupaya menyediakan berbagai sarana dan fasilitas telekomunikasi yang ada di area Mandalika. Mudah-mudahan, apa yang telah kami siapkan ini dapat dengan sempurna mendukung kesuksesan MotoGP kali ini," ujar Edi.

Untuk penyelenggaraan MotoGP, lanjut Edi, TelkomGroup menyediakan 1.908 BTS untuk layanan Telkomsel yang juga mencakup jaringan 5G, layanan Astinet dengan kapasitas mencapai 920Mbps serta layanan Wi-Fi melalui 125 Access Point berkapasitas 6Gbps yang tersebar untuk 6 area di antaranya medical center, pit building, paddock, race control, tv compound, dan area tribune untuk spectator.

Sebagai fungsi monitoring, ungkap Edi, TelkomGroup menyiapkan sejumlah 4 Posko 24/7 yang berlokasi di Witel Mataram dan Mandalika untuk memonitor infrastruktur transport dan elemen network ICT services TelkomGroup. 

Selain itu, Edi katakan, ratusan personel pun disiapkan untuk pengamanan seluruh alat produksi agar selalu dalam keadaan baik. Posko tersebut dilengkapi dengan Mini Network Operation Center atau Mini NOC yang terintegrasi dengan Posko Telkom Integrated Operation Center (TIOC) yang berjenjang dari level regional hingga nasional.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement