Rabu 16 Mar 2022 10:38 WIB

Teknik Brainstorming Membuat Penulis Bebas Menulis Ide tanpa Batasan

Dosen UBSI memaparkan teknik penerapan brainstorming dalam menulis bahasa Inggris

Dosen UBSI memaparkan teknik penerapan brainstorming dalam menulis bahasa Inggris.
Foto: UBSI
Dosen UBSI memaparkan teknik penerapan brainstorming dalam menulis bahasa Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat (PM) merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Banyak dosen yang melaksanakan kegiatan tersebut, tanpa kecuali dosen Fakultas Komunikasi dan Bahasa, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika). PM ini mengusung tema 'Penerapan Teknik Brainstorming' dengan menggelar workshop yang berlangsung secara daring, Sabtu (5/3/2022).

Dwi selaku dosen Universitas BSI bertindak sebagai tutor dalam pengabdian masyarakat ini. Ia memaparkan mengenai teknik brainstorming pada siswa SMP TPI Daarul Faiizin, Duri Kepa-Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Menurutnya, langkah yang baik dalam membangun kreativitas dalam menulis adalah dengan menulis berbahasa Inggris.

Baca Juga

Brainstorming merupakan teknik yang mengambarkan ide, gagasan, dan pendapat utama sebagai titik pusat dan berbagai ide pendukung di sekelilingnya. Hal ini lebih mudah ketika diterapkan dalam menulis berbahasa Inggris,”  kata Dwi saat menyampaikan materi.

Menurutnya teknik brainstroming merupakan suatu langkah yang baik dalam memulai menulis bahasa Inggris. Dalam pelaksanaannya, teknik brainstorming membuat penulis bebas menuliskan ide tanpa batasan sehingga menjadi terbuka dalam menerima segala masukan atau pun kritikan. Selain itu, berfokus pada kualitas ide dan membuat penggabungan dari setiap ide agar menjadi lebih baik.

“Langkah awal yang bisa diterapkan yakni menentukan terlebih dahulu konsep tulisan yang akan dibuat. Lalu buat diri lebih rileks sehingga bisa mencatat setiap ide-ide yang bermunculan dengan baik. Setelah itu bisa dianalisis keseluruhan idenya agar bisa membuat tulisan berbahasa inggris yang baik,” imbuhnya.

Ketua TPI Daarul Faiizin, Zakiah, menyampaikan PM ini juga sangat membantu para siswa dalam memahami bahasa Inggris, terutama menulis dalam bahasa Inggris. “Kegiatan pengabdian masyarakat ini sangat bermanfaat bagi para siswa SMP TPI Daarul Faiizin. Semua tutor sangat berpengalaman dalam menjelaskan materi sehingga para siswa/i dapat mudah memahami materi yang disampaikan. Semoga kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat berlanjut pada kesempatan selanjutnya,” terangnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement