Rabu 16 Mar 2022 09:35 WIB

Dampak Bahaya dari Kebiasaan Membunyikan Leher

Membunyikan leher dapat melemahkan ligamen yang menyatukan sendi.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Dampak bahaya dari kebiasaan membunyikan leher. (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Dampak bahaya dari kebiasaan membunyikan leher. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membunyikan leher terkadang membuat Anda terasa nyaman. Rupanya, kebiasaan ini bisa berakibat serius pada kesehatan. 

Dilansir di laman Mirror, Rabu (16/3/2022), ada dua tipe orang di dunia ini, mereka yang mendapatkan kenyamanan dan kesenangan yang serius dari membunyikan tubuh, jari-jari, dan leher; serta orang-orang lain yang menganggap pelintiran dalam bentuk apa pun menakutkan.

Baca Juga

Tidak ada sisi benar atau salah untuk itu. Namun jika Anda memiliki kebiasaan meretakkan leher secara teratur, Anda mungkin harus tahu ada kemungkinan kecil hal itu dapat memiliki efek yang sangat merugikan. 

Tak peduli seberapa baik rasanya melakukannya. Terlepas dari kelegaan jangka pendek yang mungkin diberikan oleh retakan atau bunyi di leher Anda, ada konsekuensi jangka panjang yang jauh lebih serius. Faktanya, ada kasus di mana "peregangan" leher telah memicu strok seperti dalam kasus Natalie Kunicki. Suara yang Anda dengar dari leher disebabkan oleh peregangan kecil yang menyebabkan pemisahan sementara dari permukaan sendi dan berkembangnya gelembung udara.

 

Dengan melakukan itu, Anda berisiko mengalami robekan kecil (diseksi) di lapisan dalam arteri, yang menyebabkan pembentukan gumpalan darah. Ada kemungkinan gumpalan ini akan larut dengan sendirinya. Tetapi dalam beberapa kasus, mereka dapat melakukan perjalanan dan menyebabkan penyumbatan di arteri hilir. Pada gilirannya, ini dapat menyebabkan strok iskemik, di mana suplai darah ke otak terputus.

Dua arteri utama kami di leher (arteri vertebral) bergabung dan membentuk arteri basilar yang memasok darah ke bagian belakang otak. Ketika Anda menekuk atau memutar leher, arteri ini meregang dan menjadi rentan terhadap cedera.

Membunyikan leher dapat melemahkan ligamen yang menyatukan sendi di antara tulang belakang, memungkinkan gerakan leher yang lebih luas sehingga membuat arteri lebih rentan terhadap cedera.

Namun ini tidak berarti strok adalah konsekuensi umum dari leher yang muncul. Ingatlah, chiropractor sering mematahkan leher pasien mereka sebagai bagian dari pengobatan pereda nyeri. Ada kemungkinan satu dari 20 ribu hingga 1 dari 250 ribu untuk mempertahankan robekan arteri setelah perawatan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement