Rabu 16 Mar 2022 04:00 WIB

Arsenal Yakin Bisa Pertahankan Arteta di Tengah Godaan PSG

Arteta masuk dalam daftar 10 calon pelatih anyar Paris Saint-Germain.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Arsenal Mikel Arteta. Paris Saint-Germain (PSG) membidik Arteta sebagai pelatih berikutnya.
Foto: AP Photo/Ian Walton
Pelatih Arsenal Mikel Arteta. Paris Saint-Germain (PSG) membidik Arteta sebagai pelatih berikutnya.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Nama pelatih Arsenal, Mikel Arteta, dikabarkan masuk dalam daftar 10 pelatih calon pengganti Mauricio Pochettino di kursi pelatih Paris Saint Germain (PSG) pada musim depan. Namun, manajemen the Gunners dilaporkan optimistis bisa mempertahankan pelatih berusia 39 tahun tersebut.

Kontrak Arteta bersama the Gunners memang akan berakhir pada 2023 mendatang. Kondisi ini ternyata tengah dipantau oleh PSG, yang dikabarkan mencari pelatih anyar untuk menggantikan Pochettino.

Baca Juga

Les Parissiens akhirnya mempertimbangkan Arteta dan memasukkan pelatih asal Spanyol itu dalam daftar 10 calon pelatih anyar. Kendati begitu, Arsenal cukup yakin, Arteta bakal bertahan sebagai pelatih tim utama the Gunners dalam jangka waktu lama.

''Arsenal cukup percaya diri dengan komitmen Arteta. Manajemen the Gunners sudah memiliki rencana untuk menawarkan perpanjangan kontrak kepada Arteta pada akhir musim ini,'' tulis laporan Football London, Selasa (15/3/2022).

Sempat menjabat sebagai asisten pelatih Pep Guardiola di Manchester City, Arteta akhirnya menerima pinangan Arsenal pada pertengahan musim 2019/2020. Arteta, yang sempat memperkuat Arsenal pada 2011 hingga 2016, itu pun kembali ke Stadion Emirates sebagai pelatih tim utama untuk menggantikan Unai Emery.

Meski setengah musim menangani Arsenal, eks kapten the Gunners itu berhasil membawa klub asal London Utara itu merengkuh titel Piala FA. Arteta pun melengkapi torehan trofi ini dengan gelar juara Community Shields pada awal musim 2020/2021.

Namun, pada musim keduanya secara penuh menukangi Arsenal pada musim lalu, Arteta gagal membawa the Gunners finis di empat besar dan tampil di kompetisi Eropa pada musim ini.

Keraguan terhadap kemampuan Arteta pun sempat mengemuka pada awal musim ini, terutama setelah the Gunners menelan kekalahan beruntun di tiga laga awal Liga Primer Inggris. Kendati begitu, secara perlahan, Arsenal berhasil bangkit.

Dalam 11 laga terakhir Liga Primer Inggris, Bukayo Saka dan kawan-kawan sukses mengemas sembilan kemenangan, satu hasil imbang, dan satu kekalahan. Torehan ini mengantarkan the Gunners kembali ke persaingan di perebutan posisi empat besar.

Mengemas 51 poin dari 26 laga, Arsenal duduk di peringkat keempat klasemen sementara Liga Primer Inggris. Arsenal unggul satu poin dari Manchester United, yang duduk di peringkat kelima dan telah melakoni tiga laga lebih banyak dari the Gunners.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement