Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

Jama'ah Muslimin (Hizbullah) Selenggarakan Tabligh Akbar Hybrid

Rabu 16 Mar 2022 05:30 WIB

Rep: Ratna ajeng tejomukti/ Red: Muhammad Hafil

Jama

Jama

Foto: Dok Republika
Tabligh akbar akan menghadirkan sejumlah pembicara internasional.

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR -- Jama’ah Muslimin (Hizbullah) bekerja sama dengan Pondok Pesantren Al Fatah Cileungsi, Bogor selenggarakan Taklim Pusat dan tabligh akbar sebagai puncak dari rangkaian acara  Tahun 1443 H/2022 M akan digelar secara hybrid pada Ahad (20/3).

Tabligh akbar ini akan digelar secara luring di Masjid At-Taqwa, Kompleks Pondok Pesantren Al-Fatah Cileungsi, Bogor, dengan tamu undangan terbatas dan daring atau online melalui platform zoom meeting serta live streaming di Rasil TV dan Al-Jama’ah TV.

Baca Juga

Ketua Panitia Pelaksana Taklim Pusat 1443H, Deni Rahman menjelaskan, tabligh akbar kali ini menghadirkan pembicara dari dalam dan luar negeri, termasuk ulama dan cendikiawan muslim dari lima benua.

"Insya Allah, pembicara dari luar negeri yakni Ustaz Mohamad Joban, dari Washington D.C. Amerika Serikat, Teuku Chalidin Yacoub, pendiri Ashabul Kahfi Islamic Centre Sydney Australia, Abdullah Abu Bakar, ulama Thailand, Syaikh Watteau Ibrahim, ulama Filipina, Syaikh Mahmoud Anbar, ulama dan cendikiawan asal Gaza, Palestina, Ahmad Abdul Malik ulama dan cendikiawan Nigeria, Afrika dan Daud Abdullah dari London, Inggris yang masih konfirmasi kehadirannya," kata dia, Selasa (15/3).

Sementara pembicara dalam negeri menghadirkan ulama dan cendikiawan Muslim nasional yakni KH. Yakhsyallah Mansur, (Pembina Jaringan Ponpes Al-Fatah Indonesia), KH. Imam Addaruquthni (Sekretaris Jenderal Dewan Masjid Indonesia), Adhyaksa Dault, (Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Periode 2004-2009), Legisan Sugimin Samtafsir (Founder Al-Balad), K.H. Abul Hidayat Saerodjie (Penasihat Ponpes Al-Fatah Indonesia), Ust. Husin Al-Atas,(Narasumber Radio dan TV Silaturahim), Ustaz Wahyudi KS (Dosen STAI Al-Fatah, Bogor/Ketua LBIPI Al-Fatah), Niel Makinuddin, (Staf Ahli Lingkungan Hidup Gubernur Kalimantan Timur), dan H. Arief Rahman,  (Pemimpin Umum Kantor Berita MINA, Jakarta).

Taklim Pusat Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Tahun 1443 H/2022 M sendiri digelar pada 13-17 Sya’ban 1443H/16-20 Maret 2022 M mengambil tema besar “Memperkuat Ukhuwah dan Ekonomi Umat Menuju Pembebasan Al-Aqsa Melalui Momentum Ramadhan”.

photo
Tabligh Akbar Jamaah Muslimin (Hizbullah) - (Dok Republika)
Deni mengatakan, kegiatan tahunan akhir Sya’ban yang diinisiasi Jama'ah Muslimin (Hizbullah) sebagai momen muhasabah dan persiapan menyambut Ramadhan dalam kegiatan Tabligh Akbar 1443 H. 

“Kegiatan ini begitu esensial sebagai sebuah seruan atau syiar persatuan dan persaudaraan dalam sistem kepimpinan yang hanya bermuara pada keridhaan Allah Subhanahu Wa Ta'ala,” ujarnya.

Deni juga menjelaskan, rangkaian acara Taklim Pusat Jama’ah Muslimin (Hizbullah) tahun ini ada tiga acara, selain tabligh akbar. Pertama yaitu pelaksanaan Musabaqoh Cinta Al Aqsa, yakni kegiatan perlombaan santri jaringan Ponpes Al-Fatah se-Indonesia. 

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan program pembinaan di jaringan Pondok Pesantren Al-Fatah yang sudah memiliki 34 cabang di seluruh Indonesia. Perlombaan yang dipertandingkan adalah baca kitab kuning, pidato bahasa Arab-Inggris, lomba karya tulis ilmiah dunia Islam, dan lomba video singkat perkembangan Dakwah Islam di Indonesia.

Kedua, Konferensi Perempuan Internasional untuk Pembebasan Al-Aqsa dan Palestina 2022. Kegiatan webinar Internasional yang membahas tentang kondisi dan solidaritas tahanan perempuan dan anak-anak Palestina. 

Konferensi yang digelar pada Kamis, 17 Maret 2022 ini menghadirkan pembicara pakar dan praktisi, serta aktivis kePalestinaan. Adapun peserta kegiatan ini adalah tokoh dan aktivis perempuan di seluruh Nusantara dan Internasional.

Ketiga, Ekspo Al-Aqsa, digelar pada Sabtu-Ahad, 19-20 Maret 2022, yakni kegiatan pameran berupa foto-foto dan video yang mengeksplorasi perjuangan pembebasan Masjid Al-Aqsa dan Palestina, beserta kegiatan dan program yang digelar lembaga-lembaga di bawah naungan Jama'ah Muslimin (Hizbullah).

Taklim Pusat merupakan kegiatan tahunan yang digelar setiap tahunnya oleh wadah kesatuan umat Islam Jama’ah Muslimin (Hizbullah). Kegiatan ini digelar sebagai sarana dakwah, menuntut ilmu, wadah forum silaturahim, menjalin ukhuwah dengan para Ikhwan/Akhwat di seluruh daerah di Indonesia, serta menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

 

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA