Selasa 15 Mar 2022 20:26 WIB

Tanda Awal Kanker yang Bisa Terlihat Saat Anda Bicara

Kanker tenggorokoan berkembang di tenggorokan atau kotak suara.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Tanda awal peringatan kanker yang muncul saat Anda bicara. (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Tanda awal peringatan kanker yang muncul saat Anda bicara. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aspek penting dari kelangsungan hidup kanker adalah diagnosis dini. Menemukan tanda-tanda peringatan pada waktunya dapat mengubah banyak kasus kanker menjadi dapat disembuhkan dan diobati. Ini karena stadium lanjut dari penyakit parah ini sering melihat sel-sel kanker dan tumor menyebar ke berbagai bagian tubuh Anda.

Apoteker Hussain Abdeh dari Medicine Direct telah berbagi satu gejala yang dapat membantu menangkap pelakunya sejak dini. Dimulai di belakang hidung Anda, tenggorokan adalah tabung berotot yang mengarah ke leher Anda.

Baca Juga

Mayo Clinic menjelaskan, kanker tenggorokan berkembang di tenggorokan (faring) atau kotak suara Anda (laring). Menurut Cancer Research UK, ada sekitar 12.400 kasus baru kanker kepala dan leher di Inggris setiap tahun. Itu membawa statistik mengejutkan ini menjadi 34 kejadian baru setiap hari.

Mr Abdeh mengatakan bagaimana mengenali kanker ini awal dan apa yang harus dilakukan setelah Anda mulai mengalami tanda-tanda peringatan. "Memiliki sakit tenggorokan yang persisten sering kali merupakan tanda peringatan dini bahwa Anda mungkin menderita kanker tenggorokan," kata dia.

 

Meskipun setiap kasus bervariasi, itu mungkin gejala pertama yang Anda perhatikan. Sering kali, awalnya dianggap hanya sakit tenggorokan. Indikator pertama yang terlihat dari sesuatu yang salah ini selanjutnya dapat berkembang menjadi tanda yang muncul ketika Anda berbicara adalah suara serak.

"Sakit tenggorokan dapat berkembang menjadi perubahan suara Anda, terutama suara serak yang dapat membuat sulit untuk berbicara dengan benar," ujarnya seperti dilansir di laman Express, Selasa (15/3/2022).

Anda mungkin juga merasa sakit atau sulit menelan makanan dan minuman, yang dapat menyebabkan penurunan berat badan saat Anda makan lebih sedikit karena ketidaknyamanan. Selain suara serak, beberapa pasien kanker tenggorokan juga bisa mengalami benjolan atau sakit di tenggorokan. Kapan Anda bisa merasakan gejala seperti sakit tenggorokan dan suara serak?

“Sakit tenggorokan sering muncul terlepas dari waktu atau apa yang Anda lakukan,” ujarnya.

Ketika berbicara tentang suara serak, mencoba berbicara bisa membuatnya jauh lebih buruk. Jika Anda berjuang dengan perubahan suara, seperti suara serak, yang tidak membaik dalam waktu dua minggu, American Cancer Society menyarankan untuk menemui dokter segera.

“Jika Anda menderita sakit tenggorokan yang tidak kunjung sembuh dengan obat penghilang rasa sakit atau obat herbal, itu mungkin pertanda sesuatu yang lebih serius," ujar Abdeh.

Anda sangat disarankan untuk pergi ke dokter dan memeriksakan masalahnya jika Anda masih menderita sakit tenggorokan setelah tiga pekan. Meskipun gejala yang terdaftar oleh apoteker dapat menandakan kanker tenggorokan, ada dua tanda lagi yang termasuk dalam daftar ini.

Mayo Clinic menambahkan, sakit telinga dan batuk sebagai gejala kanker tenggorokan yang potensial. Sementara suara serak terutama terkait dengan kanker tenggorokan, itu juga dapat menunjukkan diagnosis kanker yang berbeda.

"Kanker paru-paru juga dapat menyebabkan suara serak sebagai gejala sekunder, karena penderita sering mengalami batuk terus-menerus atau mengi, yang dapat mengakibatkan sakit tenggorokan." Ingatlah untuk memeriksakan gejala yang mengganggu yang mengganggu Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement