Selasa 15 Mar 2022 18:38 WIB

Posisi Luke Shaw di Tim Utama MU Terancam Alex Telles

Alex Telles menunjukkan performa menjanjikan saat Shaw menepi akibat Covid-19.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pemain Manchester United Alex Telles
Foto: AP/Jon Super
Pemain Manchester United Alex Telles

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Posisi Luke Shaw sebagai bek kiri pilihan pertama di Manchester United (MU) sepertinya mendapatkan ancaman lebih saat ini. Sebab, Alex Telles terus menjadi bintang di bawah komando pelatih sementara Ralf Rangnick.

Shaw menjadi salah satu pemain terbaik Setan Merah musim lalu. Ia memenangkan gelar Pemain Terbaik Tahun Ini pada malam penghargaan klub.

Baca Juga

Tahun ini jauh lebih sulit bagi pemain berusia 25 tahun itu. Ia sering mendapat sorotan lantaran penampilannya yang dinilai kurang memuaskan.

Masalah komunikasi dengan bek tengah kiri Harry Maguire telah mengganggu musimnya, terutama selama kekalahan memalukan di tangan Liverpool pada Oktober lalu. Perjuangannya untuk memberikan penampilan yang konsisten semakin sulit dengan Telles mengambil posisi sebagai starter.

Pemain Brasil itu kesulitan menggantikan Shaw musim lalu dalam musim debutnya di Old Trafford setelah kepindahan senilai 15 juta poundsterling dari Porto. Namun sejak Rangnick menggantikan Ole Gunnar Solskjaer di kursi pelatih, Telles akhirnya diberi kesempatan untuk bermain sebagai starter sembilan kali dari 19 pertandingan yang telah ditangani pelatih asal Jerman itu. Itu termasuk tiga pertandingan Liga Primer Inggris terakhir secara berturut-turut karena Shaw telah absen dari dua pertandingan terakhir karena serangan Covid-19. Telles tampil mengesankan melawan Tottenham beberapa waktu lalu dengan memberikan assist untuk Cristiano Ronaldo.

Perbandingan penampilan keduanya untuk MU musim ini juga menunjukkan posisi Shaw terancam. Shaw telah membuat 21 tekel, sembilan intersepsi, 17 pembersihan dan memenangkan 64 duel defensif, serta melakukan satu kesalahan yang mengarah ke gol.

Namun Telles jauh lebih solid dalam bertahan, membuat 35 tekel, 13 intersepsi, 22 pembersihan, dan memenangkan 65 duel bertahan, meskipun membuat enam penampilan lebih sedikit daripada Shaw.

Angka-angka itu tidak akan memberikan kenyamanan bagi pemain internasional Inggris, yang diakui lebih baik dalam menyerang dibandingkan Telles. Namun, pemain Brasil itu sendiri telah memperingatkan Shaw bahwa tempatnya di bek kiri masih jauh dari aman saat ia kembali bugar tepat waktu untuk kunjungan Atletico Madrid.

"Saya sangat menghormati Luke, tidak hanya untuknya tetapi semua pemain di skuad, saya tahu sejarah yang dimiliki Luke di Manchester United," kata Telles dikutip dari Mirror, Selasa (15/3/2022). "Saya datang ke sini untuk membantu. Tahun pertama tidak mudah bagi saya, tetapi tahun ini saya merasa jauh lebih baik," ujarnya.

"Saya bekerja sangat keras dan saya adalah pemain yang datang untuk membantu, manajer membuat keputusan dan dia akan memilih pemain terbaik. Saya sangat menghormati Luke dan kami bergaul dengan sangat baik," terangnya.

Telles membuat Rangnick pusing dengan penampilannya yang impresif musim ini, yang tentunya membuat Shaw khawatir bahwa statusnya sebagai bek kiri pilihan pertama United berada di bawah ancaman yang lebih besar dari sebelumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement