Selasa 15 Mar 2022 15:24 WIB

Jabar Gelar Connecti City 2022 Rumuskan Rekomendasi untuk G20

Gelaran tersebut merupakan ekonomi kreatif Jawa Barat yang relevan bagi U20

Rep: arie lukihardianti/ Red: Hiru Muhammad
Pemprov Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat serta KREASI Jabar (Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi Jawa Barat) menggelar CONNECTI:CITY 2022 pada 14-15 Maret 2022. Kegiatan tersebut, merupakan bagian dari side event Presidensi Indonesia pada U20, rangkaian dari G20.
Foto: istimewa
Pemprov Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat serta KREASI Jabar (Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi Jawa Barat) menggelar CONNECTI:CITY 2022 pada 14-15 Maret 2022. Kegiatan tersebut, merupakan bagian dari side event Presidensi Indonesia pada U20, rangkaian dari G20.

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Pemprov Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat serta KREASI Jabar (Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi Jawa Barat) menggelar CONNECTI:CITY 2022 pada 14-15 Maret 2022. Kegiatan tersebut, merupakan bagian dari side event Presidensi Indonesia pada G20.

Menurut Sekretaris Daerah Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja, Konferensi Internasional tersebut dilaksanakan di Museum Konferensi Asia-Afrika (MKAA) yang bertepatan dengan momentum peringatan solidaritas Asia Afrika, dan Arsip KAA sebagai Warisan Dunia (Unesco, 2015). Serta secara daring.

Baca Juga

Gelaran tersebut, kata Setiawan, merupakan  ekonomi kreatif Jawa Barat. Sehingga, sangat relevan untuk diangkat ke ajang G20. “Kalau dilihat dari kata-kata yang saya sampaikan bahwa salah satu yang bertahan di masa pandemi Covid-19 salah satunya adalah dari ekonomi kreatif. Oleh karena itu kalau kita bicara tema tahun ini salah satunya bagaimana supaya ekonomi dunia ini tetap bertahan,” ujar Setiawan, Senin (14/3/2022).

Menurut Setiawan, hasilnya dari dua hari ini akan ada rekomendasi yang akan masuk G20. Tentu, rekomendasi tersebut nantinya akan disampaikan G20 oleh gubernur.

“Nah oleh karena itu bahwa hasil dua hari ini, mealui webinar ini diharapkan bahwa ekonomi kreatif akan menjadi salah satu penopang disebuah perkotaan untuk tetap bertahan. Outputnya berupa rekomendasi. Rekomendasi untuk dibawa ke G20 nantinya,” paparnya.

Menurutnya, bentuk ekonomi kreatifnya yaitu segala bentuk mulai dari digitalisasi, ada 17 sektor ada 17 subsektor. Mulai ekonomi kreatif, digitalisasi, desain, kriya, fashion, kuliner, film dan lain sebagainya.

Harapannya, kata dia, rekomendasi yang telah diskusikan ini akan didengar dan menjadi policy dunia. Karena G20 ini kan dia akan menjadi policy dunia, ekonomi kreatif akan menjadi salah satu andalan untuk tetap survive dari sistem perekonomian di sebuah kota.

Sementara menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Benny Bachtiar, penyelenggaraan CONNECTI:CITY 2022 di MKAA menghidupkan kembali semangat Dasasila Bandung yang ada 10 poin Deklarasi Bandung 1955. Yakni, perdamaian, solidaritas, kebebasan -terutama relevansinya dengan zaman sekarang. Sehingga pada tahun ini, bertepatan dengan G20, CONNECTI:CITY 2022 mengusung tema “People and the Next Economy — Recovering Together."

CONNECTI:CITY 2022 akan dilaksanakan secara Hybrid Offline & Online. Nantinya, konferensi internasional ini akan dihadiri oleh 18 pembicara internasional, di antaranya John Newbigin, O.B.E (Ambassador of Creative Industry, Inggris); Patrik Lindvall (President Director IKEA, Swedia); Denise Bax (UCCN, Prancis); dan Dean Tetsushi Sonobe (ADB, Jepang), dan mengundang 14  pembicara dalam negeri yang merupakan pakar di bidang ekonomi kreatif di Indonesia, di antaranya Angela Tanoesoedibjo (Wakil Menparekraf RI), Putri Tanjung (Staf Khusus Presiden RI), dan Wishnutama Kusubandio (Menparekraf RI 2019-2020, Presiden Komisaris Telkomsel).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement