Selasa 15 Mar 2022 14:23 WIB

Malware Pencuri Password Menyamar Cheat Valorant di YouTube

Cheat Valorant menyembunyikan malware di deskripsi video YouTube.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Malware/ilustrasi
Foto: Reuters/Pawel Kopczynski
Malware/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Tidak semua orang pandai bermain game. Beberapa orang hanya pandai bermain game tertentu. Kerap kali, bermain game terus-menerus membuat orang kehilangan sebagian besar waktu dan itu bisa menjadi pengalaman yang membuat frustasi.

Oleh karena itu, tidak heran jika orang selalu mencari cara untuk bermain curang dengan melakukan cheat yang akan memberi mereka keunggulan dalam game. Menurut laporan dari Bleeping Computer, penyerang memanfaatkan para gamer yang mencari cheat Valorant lalu menyembunyikan malware di deskripsi video YouTube mereka.

Baca Juga

Video tersebut dibuat untuk mengiklankan apa yang disebut cheat aimbot di mana ada tautan dalam deskripsi yang seharusnya memungkinkan pemain mengunduh cheat itu sendiri. Sayangnya, impian pemain menjadi unggul dalam sebuah game harus pupus. Sebab, tautan yang tercantum itu mengunduh malware Redline yang akan diinstal pada komputer pengguna.

Redline adalah salah satu malware yang lebih populer dalam hal mencuri kata sandi dan informasi kartu kredit yang ditemukan di browser. Selain itu, Redline juga dapat mengakses dompet cryptocurrency dari komputer Anda dan mencuri informasi seperti nama pengguna, alamat IP, dan informasi pribadi lain.

Dikutip Ubergizmo, Selasa (15/3/2022), meskipun YouTube memiliki pedoman ulasan tertentu, tampaknya pedoman tersebut cukup mudah untuk dilewati. Lain kali jika Anda melihat tautan dalam deskripsi YouTube, berhati-hatilah terutama jika Anda harus mengunduh file yang dapat dieksekusi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement