Selasa 15 Mar 2022 13:30 WIB

Banyak yang Berharap Kuota Haji Disampaikan Ramadhan

Banyak yang Berharap Kuota Haji Disampaikan Ramadhan arab saudi.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
 Banyak yang Berharap Kuota Haji Disampaikan Ramadhan. Foto: Penambahan Kuota Haji (Ilustrasi)
Foto: Dok: Republika.co.id
Banyak yang Berharap Kuota Haji Disampaikan Ramadhan. Foto: Penambahan Kuota Haji (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Anggota Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) bidang investasi dan kerja sama luar negeri Hurriyah El Islamy berharap, Saudi umumkan kepastian haji di bulan Ramadhan. Pasalnya penyelenggaraan ibadah haji tinggal tiga bulan lagi.

"Banyak yang berharap pengumuman kouta akan disampaikan segera atau paling lambat di bulan Ramadhan," kata Hurriyah El Islamy, kepada Republika, kemarin.

Baca Juga

Hurriyah El Islamy mengatakan, pandemi memberi konsekuensi terhadap aktivitas manusia, sehingga selama dua tahun berturut-turut Indonesia tidak dapat memberangkatkan jamaahnya ke tanah suci melaksanakan ibadah haji di Makkah. Hal tersebut bukan saja meningkatkan kerinduan umat Islam Indonesia untuk dapat berziarah ke tanah haram, baik itu kota di tempat nabi dilahirkan mau pun dimakamkan.

"Namun juga keinginan yang sangat tinggi untuk dapat berangkat haji tahun ini," katanya.

Hurriyah El Islamy memastikan, bahwa pemerintah dari berbagai sudut dunia sudah memulai persiapan untuk keberangkatan haji. Di antara negara yang sudah mempersiapkan penyelenggaraan hajinya di antaranya Nigeria, India dan Pakistan.

"Bahkan memberlakukan beberapa penyesuaian untuk pelaksanaan haji di tahun 2022 ini," katanya.

Hurriyah mengatakan, pihak Kementrian Agama sendiri sudah memasang ancang-ancang apabila jemaah haji Indonesia dapat diberangkatkan tahun ini. Besar kemungkinan pemberangkatan kelompok terbang (kloter) pertama akan dilakukan pada tanggal 5 bulan Juni nanti.

 

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement