Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

Pemkot Depok Tingkatkan SDM Masyarakat dengan Pendidikan dan Latihan

Selasa 15 Mar 2022 10:16 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono.

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono.

Foto: Jawara
Pemerintah harus hadir dalam setiap masalah masyarakat, seperti pelatihan kerja.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan, untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) ada dua hal yang dilakukan oleh masyarakat, yaitu melalui pendidikan dan pelatihan. "Pemerintah harus hadir dalam setiap permasalahan masyarakat seperti pelatihan kerja yang dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok," kata Imam di Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (15/3/2022).

Menurut Imam, program pelatihan kerja sejalan dengan visi Kota Depok, yaitu Maju, Berbudaya, dan Sejahtera. Dalam mewujudkan visi tersebut, pihaknya mempunyai sejumlah program dari pembangunan infrastruktur hingga peningkatan kompetensi SDM.

"Indonesia, khususnya Kota Depok akan menjadi wilayah yang maju, jika kita dapat membentuk generasi muda menjadi generasi yang maju. Di bidang pendidikan, kami memiliki program beasiswa untuk jenjang SD hingga SMA, dan tahun depan akan ada beasiswa untuk perguruan tinggi negeri (PTN)," ujar politikus PKS tersebut.

Menurut Imam, selain pendidikan yang tinggi, dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga Kota Depok juga diperlukan pelatihan. Pasalnya, dengan meningkatnya kemampuan SDM warga Depok, pencari kerja dapat bekerja atau berwiraswasta.

Kepala Disnaker Depok Mohamad Thamrin mengatakan pihaknya juga telah menyusun peraturan terkait standar operasional prosedur (SOP) pelatihan kerja. Dengan begitu, mulai dari anggaran, lama pelatihan hingga kompetensi dan sertifikasi instruktur pelatihan memiliki standar yang sama dengan disnaker. "Pasca-elatihan kerja, kami juga melakukan evaluasi guna melihat sejauh mana lulusan pelatihan terserap ke pasar kerja dan berwirausaha."

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA