Selasa 15 Mar 2022 09:18 WIB

Sumatra Utara Resmi Jadi Tuan Rumah Hari Pers Nasional 2023

Sumatra Utara dinilai sebagai daerah yang paling siap dibandingkan provinsi lainnya

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Gita Amanda
Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari mengatakan, ditetapkannya Sumut sebagai tuan rumah karena menjadi daerah yang paling siap dibandingkan dengan provinsi lainnya.
Foto: ANTARA/Jojon/wsj.
Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari mengatakan, ditetapkannya Sumut sebagai tuan rumah karena menjadi daerah yang paling siap dibandingkan dengan provinsi lainnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Provinsi Sumatera Utara ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023. Sumut menjadi tuan rumah agenda ini setelah sebelumnya, HPN 2022 berlangsung di Kendari, Sulawesi Tenggara pada 6-9 Februari.

Keputusan ini disampaikan Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal S Depari, usai berdiskusi dengan Penjabat Sekda Sumut, Kadis Kominfo Sumut dan Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik di Jakarta, Senin (14/3/2022) lalu.

Baca Juga

Ketua PWI Pusat mengatakan, ditetapkannya Sumut sebagai tuan rumah karena menjadi daerah yang paling siap dibandingkan dengan provinsi lainnya. Bahkan, kata Atal, rekomendasi dari Gubernur, DPRD dan PWI Sumut sudah dinyatakan lengkap seluruhnya.

"Ada beberapa daerah memang sudah menyampaikan minatnya, misalnya Aceh. Begitu juga Kepri, tapi itu masih informal aja. Kalau Sumut sudah lengkap semua," ujar Atal dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

 

Ditetapkannya Provinsi Sumut sebagai Tuan Rumah HPN 2023 disambut gembira PWI Sumut. Pasalnya, menurut Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik, selama hampir 30 tahun, daerah ini belum pernah menjadi tuan rumah HPN.

"Alhamdulillah, hari ini sudah diputuskan Sumut mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah HPN 2023. Saya sebagai Ketua PWI Sumatra Utara merasa senang, bangga dan terharu karena sudah hampir 30 tahun HPN, Sumut tidak kebagian menjadi tuan rumah," katanya.

"Jadi, saya sangat berterima kasih kepada Ketua PWI Pusat berikut jajarannya atas kepercayaan memberikan kesempatan untuk Sumut menggelar HPN 2023 dan juga terimakasih atas dukungan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Ketua DPRDSU Baskami Ginting" tambahnya.

Farianda berharap, HPN yang akan datang digelar berjalan dengan sukses dan lancar. "Karena seperti kita tahu, dampak positif HPN itu salah satunya adalah menaikkan pendapatan ekonomi daerah dimana HPN itu digelar. Demikian juga akan ada isu-isu nasional yang akan dilahirkan nantinya di HPN 2023," ujarnya.

Pemerintah Provinsi Sumatra Utara menyambut dengan antusias kepercayaan yang diberikan oleh PWI Pusat terkait penunjukkan Sumatra Utara sebagai tuan rumah Hari Pers Nasional tahun 2023.

"Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kita dan sudah barang tentu kita akan mempersiapkan event tersebut, karena kita tahu benar bahwa keberadaan jurnalis sebagai pendukung di dalam sebuah proses pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan itu sangat penting sekali," tutur Penjabat Sekda Sumut, Afifi Lubis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement