Selasa 15 Mar 2022 04:56 WIB

Pesepak Bola dengan Koleksi Hattrick Terbanyak Sepanjang Sejarah

Ronaldo pemain yang masih aktif dengan koleksi hattrick terbanyak sepanjang sejarah.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pemain Manchester United Cristiano Ronaldo mencetak gol pembuka timnya saat pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester United dan Tottenham Hotspur, di Stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Ahad (13/3/2020) dini hari WIB. Ronaldo mencetak hattrick di pertandingan itu untuk mengantar Man United menang 3-2 atas Spurs.
Foto: AP/Rui Vieira
Pemain Manchester United Cristiano Ronaldo mencetak gol pembuka timnya saat pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester United dan Tottenham Hotspur, di Stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Ahad (13/3/2020) dini hari WIB. Ronaldo mencetak hattrick di pertandingan itu untuk mengantar Man United menang 3-2 atas Spurs.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Keberhasilan mencetak tiga gol atau hattrick dalam sebuah pertandingan merupakan torehan spesial buat pesepak bola. Bahkan, secara tradisional, pemain yang mencetak hattrick dalam satu laga berhak membawa bola sebagai bentuk penghargaan dan pengakuan terhadap performanya di laga tersebut.

Sejarah sepak bola pun telah mencatat sejumlah pesepakbola profesional yang kerap menorehkan hattrick. Dengan tugas utama sebagai pencetak gol, bukan kebetulan apabila pemain yang paling banyak mencetak hattrick adalah penyerang.

Baca Juga

Berikut pemain-pemain dengan koleksi hattrick terbanyak sepanjang sejarah berdasarkan lansiran Sports Keeda, Senin (14/3/2022).

4. Luis Suarez dan Robert Lewandowski (29 hattrick)

Luis Suarez dianggap sebagai salah satu striker terbaik di era sepak bola modern. Performa penyerang asal Uruguay itu begitu luar biasa saat masih memperkuat Liverpool dan Barcelona.

photo
Reaksi pemain Atletico Madrid Luis Suarez saat pertandingan sepak bola La Liga Spanyol antara FC Barcelona dan Atletico Madrid di Barcelona, Spanyol, Senin (7/2/2022) dini hari WIB. - (EPA-EFE/Alejandro Garcia)

Setelah mengakhiri Liga Primer Inggris musim 2013/2014 sebagai top skorer dan pemain terbaik, Suarez hijrah ke Barcelona. Di Blaugrana, bersama Lionel Messi dan Neymar, Suarez membentuk trio yang begitu mematikan. Kerja sama ketiganya mengantarkan Barcelona merengkuh titel Liga Champions pada musim 2014/2015.

Pada musim 2009/2010 hingga 2018/2019, Suarez menjadi satu-satunya pemain yang mematahkan dominasi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dalam perebutan sepatu emas Eropa. Pada rentang waktu tersebut, Suarez berhasil menyabet dua kali penghargaan pemain paling produktif di Eropa, musim 2013/2014 dan musim 2015/2016.

Di sepanjang kariernya, penyerang berjuluk El Pistolero itu diketahui telah 29 kali mencetak hattrick. Torehan hattrick Suarez ini sama dengan koleksi hattrick penyerang Bayern Muenchen, Robert Lewandowski.

photo
Pencetak gol Bayern Robert Lewandowski bertepuk tangan setelah memenangkan Liga Champions, babak 16 besar, pertandingan sepak bola leg kedua antara Bayern dan Salzburg di Muenchen, Jerman, Selasa, 8 Maret 2022. - (AP/Matthias Schrader)

Setidaknya dalam tiga musim terakhir, Lewandowski memang mampu membuktikan diri sebagai salah satu penyerang paling produktif di Eropa. Pada musim lalu, Lewandowski memecahkan rekor milik Gerd Mueller sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu musim Bundesliga Jerman saat mampu mengemas 41 gol dari 29 penampilan.

3. Lionel Messi (55 hattrick)

Kerap dianggap sebagai salah satu pesepak bola terbaik yang pernah ada, Messi sudah begitu akrab dengan berbagai torehan rekor. Bintang asal Argentina itu pun menjadi pemain dengan koleksi trofi Ballon d'Or terbanyak.

Penyerang Paris Saint Germain (PSG) itu menjadi satu-satunya pemain yang mampu meraih tujuh gelar Ballon d'Or. Sejak memulai karier profesional pada 2004, Messi diketahui telah 55 kali mencetak trigol dalam sebuah laga.

photo
Reaksi Lionel Messi dari PSG setelah Real Madrid mencetak gol ketiga timnya pada pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions antara Real Madrid dan Paris Saint-Germain di stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol, Rabu, 9 Maret 2022. - (AP/Manu Fernandez)

Dengan statusnya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Barcelona, sebagian besar hattrick yang ditorehkan Messi tercipta saat dirinya masih mengenakan seragam Blaugrana. Namun, seiring dengan kepindahannya ke PSG pada awal musim ini, Messi dinilai mengalami penurunan performa.

Messi tercatat baru mencetak tujuh gol dan 11 assist dari 26 penampilan di semua ajang pada musim ini. Bahkan, La Pulga, julukan Messi, baru mencetak dua gol di pentas Ligue 1 Prancis. Ini merupakan catatan gol terendah Messi di kompetisi domestik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement