Senin 14 Mar 2022 22:37 WIB

Denso Diretas Kelompok Pandora

Pandora diduga melakukan serangan siber menggunakan ransomware.

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
Ransomware. Denso diretas kelompok Pandora, ancam jual data pesanan di situs gelap.
Foto: Freepik
Ransomware. Denso diretas kelompok Pandora, ancam jual data pesanan di situs gelap.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kelompok kejahatan dunia maya bernama Pandora merilis pernyataan bahwa mereka telah mencuri informasi rahasia dari Denso, pemasok utama untuk Toyota Motor Corp. Pandora mengancam akan merilis data rahasia tersebut di lamam gelap, lapor warta NHK Jepang, dilansir Reuters pada Senin (14/3/2022).

Mengutip perusahaan keamanan informasi Mitsui Bussan Secure Directions, kelompok Pandora disebutkan memiliki lebih dari 157.000 data pesanan pembelian, email dan sketsa, atau data senilai 1,4 terabyte milik Denso.

Baca Juga

Juru bicara Denso mengatakan kepada Reuters bahwa mereka telah mendeteksi akses tidak wajar menggunakan ransomware di DENSO Automotive Deutschland, grup perusahaan yang menangani penjualan dan teknis di Jerman, pada Kamis pekan lalu. Juru bicara Denso menolak untuk mengkonfirmasi laporan NHK tetapi mengatakan kegiatan produksi dan bisnis tidak terpengaruh pada saat ini.

Pandora diduga melakukan serangan siber menggunakan ransomware yang mengenkripsi data perusahaan dan meminta tebusan sebagai imbalan untuk tidak membocorkan data tersebut, NHK melaporkan.

Salah satu pemasok Toyota terkena serangan siber akhir bulan lalu yang menutup produksi dalam negeri untuk satu hari pada 1 Maret, mempengaruhi produksi sekitar 13.000 kendaraan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement