Senin 14 Mar 2022 21:09 WIB

Pentingnya Peran Joel Matip untuk Skuad Liverpool

Matip dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Liga Inggris bulan Februari 2022

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Bek Liverpool, Joel Matip.
Foto: EPA-EFE/Peter Powell
Bek Liverpool, Joel Matip.

REPUBLIKA.CO.ID, MERSEYSIDE -- Bagi banyak pendukung Liverpool, Virgil van Dijk, mungkin akan selalu dipandang sebagai bek terbaik klub. Tetapi di balik itu semua tak ada yang bisa menyangkal pentingnya peran partner defensifnya yakni Joel Matip.

Pemain 30 tahun tersebut dirusak oleh cedera ringan sejak bergabung dari Schalke pada musim panas 2016. Tetapi ia sekarang memainkan permainan terbaiknya.

Baca Juga

Matip dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Liga Inggris bulan Februari 2022 setelah membantu the Reds meraih empat kemenangan di liga, tiga di antaranya clean sheet. Dia memang tak selalu menjadi berita utama, tetapi setiap kali bermain tampil mengesankan.

Matip dipandang sebagai bek hebat yang lama diremehkan. Padahal ia punya kemampuan luar biasa dalam menjaga bola masuk ke gawang Liverpool. Ia juga bagus membawa bola ke depan untuk menyusun serangan.

Pada akhir pekan kemarin, Matip kembali menampilkan penampilan masterclass saat Liverpool mengalahkan Brighton and Hove Albion 2-0. Bek asal Belanda itu memberikan assist kepada Luis Diaz untuk membuka skor.

"Ketika Anda melihat permainannya secara kritis, Matip seolah-olah tidak memiliki kelemahan. Kemampuan udaranya luar biasa, dia bertahan dengan brilian, dan bertindak sebagai pemain tambahan di lini tengah saat maju dengan bola. Ini semua adalah atribut bek modern dan Matip siap memiliki semuanya," kata analis Emmanuel Ayamga, dilansir dari Sportskeeda, Senin (14/3/2022).

Pelatih Liverpool Juergen Klopp mengakui Matip adalah sosok terkenal di tim. Namun ia tak mendapatkan banyak berita utama di media. Klopp memuji kineja Matip saat melawan Brighton.

“Percayalah, jika ada satu orang di planet ini yang tidak peduli jika kita semua meremehkannya, itu adalah Joel Matip! Sejujurnya. Dia bahkan tidak menyadarinya, mungkin," kata Ayamnga.

Adapun Klopp mengeklaim Matip senang di Liverpool. Matip dinilainya pemain pintar dan tak peduli dengan status.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement