Senin 14 Mar 2022 20:12 WIB

Menkes: Tinggal Dua Provinsi yang Alami Peningkatan Kasus Covid-19

Sementara Provinsi lainnya sudah mulai terjadi tren penurunan kasus.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Andi Nur Aminah
Warga mengantre untuk mendapat suntikan vaksin Covid-19 (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Galih Pradipta
Warga mengantre untuk mendapat suntikan vaksin Covid-19 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, saat ini tinggal dua Provinsi yang masih terjadi peningkatan kasus. Sementara Provinsi lainnya sudah mulai terjadi tren penurunan kasus.

"Kami mengamati tinggal ada dua provinsi yang relatif masih belum menurun tapi melandai yaitu Kalimantan Utara dan Nusa Tenggara Timur," kata Budi dalam Konferensi Pers secara daring, Senin (14/3).

Baca Juga

Dalam kesempatan tersebut, Budi juga meminta masyarakat terutama kelompok lanjut usia atau lansia untuk segera mendapatkan vaksin Covid-19 secara lengkap. Bahkan, jika perlu setelah menerima dua dosis segera menerima dosis ketiga atau booster.

"Sekali lagi yang meninggal dan masuk rumah sakit di seluruh dunia, kita lihat di Hong Kong ya, yang banyak itu adalah lansia yang vaksinasinya belum lengkap," tegas mantan Wakil Menteri BUMN itu.

"Oleh karena itu, perlu sekali kita menyegerakan vaksinasi lengkap atau minimal dua dosis dan idealnya tiga dosis ke para lansia kita untuk melindungi mereka," tambah Budi.

Budi juga mengimbau masyarakat untuk tidak memilih jenis vaksin. Dia mengingatkan semua pihak yang belum divaksin, segera disuntik sebanyak dua dosis.

"Tolong segera baik itu vaksinasi pertama, vaksinasi kedua, vaksinasi ketiga tanpa memilih jenis vaksinnya. Karena semua vaksin yang ada efikasinya sudah lolos dari efikasi WHO. Kalau ada perbedaan (paling, red) sedikit dan akan jauh lebih bermanfaat kalau teman-teman mendapat vaksin lebih cepat. Jadi jangan menunggu atau memilih vaksin," tegas Budi.

Hari ini, tercatat kasus aktif Covid-19 kembali turun dan sudah menyentuh angka 312.958 atau turun 29.938 setelah sehari sebelumnya Ahad (13/3) sempat di posisi 342.896. Kasus aktif adalah jumlah orang yang positif Covid-19 dan masih menjalani isolasi atau perawatan di rumah sakit.

Penurunan kasus aktif ini konsisten sejak Senin (28/2) dari 569.736 hingga kini mulai menyentuh angka 300 ribu. Angka kasus konfirmasi harian hari ini juga mengalami penurunan menjadi 9.629 dari hari sebelumnya yang berada di angka 11.585. Untuk konfirmasi kematian hari ini, tercatat 271orang meninggal, total jumlah kematian karena Covid-19 sebanyak 152.437.

Sementara itu, 5.434.728 orang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19, setelah bertambah 39.296 pada hari ini. Adapun, jumlah spesimen hari yang diperiksa sebanyak 195.229.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement