Senin 14 Mar 2022 18:45 WIB

Idap Diabetes Tipe 2, Tom Hanks Sesali Gaya Hidupnya yang tidak Sehat

Tom Hanks mengaku mengidap diabetes tipe 2.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor Tom Hanks mengaku didiagnosis diabetes tipe 2 pada 2013. Dia menyebut, gaya hidupnya yang tidak sehat menjadi salah satu pemicu.
Foto: EPA
Aktor Tom Hanks mengaku didiagnosis diabetes tipe 2 pada 2013. Dia menyebut, gaya hidupnya yang tidak sehat menjadi salah satu pemicu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam acara Late Show with David Letterman pada 2013, aktor Tom Hanks pernah mengumumkan bahwa dirinya didiagnosis diabetes tipe 2. Beberapa waktu lalu, ia mengaku menyesal karena pernah menjalani gaya hidup yang tidak sehat.

Diabetes tipe 2 adalah penyakit yang lebih umum dari diabetes tipe 1. Tidak seperti tipe 1 yang sebagian besar disebabkan oleh genetika, tipe 2 lebih banyak dikaitkan dengan obesitas, gaya hidup, serta usia tua.

Baca Juga

"Saya adalah bagian dari generasi Amerika yang malas, yang secara membabi buta terus menari dalam pesta. Dan sekarang menemukan diri ini digerogoti penyakit," ucap aktor pemenang Academy Award yang terkenal dengan film Forrest Gump itu dalam wawancara dengan Radio Times.

Dilansir laman Express.co.uk, Senin (14/3/2022), dokter menyarankan Hanks untuk mengurangi berat badan saat diabetesnya terdiagnosis. Kalau mau terbebas dari penyakit yang juga dikenal dengan sebutan kencing manis itu, beratnya harus sama dengan saat Hanks masih remaja.

 

Diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh tidak menghasilkan cukup insulin, hormon yang menghilangkan gula dari darah karena tubuh menjadi peka terhadap gula. Pankreas, tempat insulin dibuat, juga menjadi terlalu banyak bekerja.

Gula, yang tidak dikeluarkan dari darah, akan menumpuk, meningkatkan risiko kondisi seperti penyakit jantung, stroke yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi.

"Aku berat. Kalian pernah melihat saya di film, kalian tahu seperti apa penampilan saya. Saya benar-benar idiot. Saya pikir saya bisa menghindarinya dengan menyisihkan roti dari burger keju saya," kata aktor berusia 65 tahun itu.

Hanks menyebut bahwa bobotnya yang berfluktuasi antara pembuatan film Cast Away dan Philadelphia mungkin menjadi pemicu diabetes.  Kabar baik tentang diabetes tipe 2, seperti yang ditunjukkan Hanks, adalah efeknya dapat dibalik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement