Sunday, 7 Rajab 1444 / 29 January 2023

Disdik Jabar Gelar Lomba Stand Up Comedy Berbahasa Sunda

Senin 14 Mar 2022 18:15 WIB

Rep: arie lukihardianti/ Red: Hiru Muhammad

Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat menggelar Lomba Stand Up Comedy Basa Sunda bertajuk

Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat menggelar Lomba Stand Up Comedy Basa Sunda bertajuk

Foto: istimewa
Belum lama ini, bahasa Sunda menjadi sorotan masyarakat luas,

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat menggelar Lomba Stand Up Comedy Basa Sunda bertajuk "Ngabodor Cerdas" (Bodas) 2022 dalam upaya mendongkrak kebahagiaan warga Jabar. 

Menurut Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar, Dedi Supandi, lomba diikuti 159 peserta yang terbagi ke dalam dua kategori. Yakni siswa dan tenaga kependidikan tingkat SMA/SMK/Sederajat se-Jabar. Seluruh peserta telah mengikuti tahap audisi yang digelar secara offline 28 Februari hingga 3 Maret 2022 lalu.

Baca Juga

Dari 159 peserta yang mengikuti audisi, 10 peserta di antaranya dinyatakan lolos dan tampil dalam babak final yang digelar di Komplek SPOrT Jabar Arcamanik, Jalan Pacuan Kuda, Kota Bandung, Ahad (13/3/2022). 

Dedi mengatakan, kegiatan ini menjadi salah satu upaya Disdik Jabar untuk mendongkrak indeks kebahagiaan masyarakat Jabar. Karena, hasil Survei Tingkat Pengukuran Kebahagiaan (SPTK) menempatkan Provinsi Jabar ke dalam 10 provinsi dengan indeks kebahagiaan terendah pada 2021 lalu. 

"Semoga melalui Lomba Stand Up Comedy Basa Sunda "Bodas" 2022, indeks kebahagiaan masyarakat Jabar semakin meningkat dan kebahagiaan selalu melekat pada masyarakat Jabar," kata Dedi, Senin (14/3).

Kegiatan ini pun, kata Dedi, dilatarbelakangi Peringatan Hari Bahasa Ibu yang jatuh setiap tanggal 21 Februari. Lewat lomba, masyarakat Jabar pun diharapkan semakin bangga menggunakan bahasa Sunda.  "Kegiatan ini menjadi momentum untuk mengajak seluruh masyarakat Jabar meningkatkan kebanggaannya terhadap bahasa Sunda," katanya. 

Terlebih, kata Dedi, belum lama ini, bahasa Sunda menjadi sorotan masyarakat luas, bahkan hingga viral dan menjadi isu nasional. "Lomba ini menjadi momentum untuk kembali mengangkat harkat dan martabat bahasa Sunda," katanya. 

Menurutnya, lomba ini melibatkan juri yang kompeten di bidangnya, yakni akademisi sekaligus budayawan dan founder Borangan, Taufik Faturohman dan komika Jabar yang juga finalis Stand Up Comedy Season 6 (Suci 6), Kamal Ocon. Selain itu, ada juga jebolan Stand Up Comedy Academy  Season 4 (SUCA 4) , Guzman Sige. "Kami juga mendatangkan komika sebagai bintang tamu, yakni Ariska Dwi Priyono (Anyun Cadel) dan Muhammad Fajar Nugraha," katanya. 

Pengumuman pemenang, kata dia, akan dilaksanakan pada Rabu 16 Maret 2022 mendatang. Adapun hadiah yang disiapkan bagi para juara, yakni piala dan uang tunai total senilai Rp24 juta. 

"Melalui Lomba Stand Up Comedy "Bodas" 2022 ini, kami berharap, masyarakat semakin bangga dalam menggunakan bahasa Sunda, khususnya dalam pergaulan sehari-hari sesuai jati diri masyarakat Jabar, sehingga bahasa Sunda akan tetap lestari," katanya. 

Sementara itu, salah satu juri, Taufik Faturrohman mengapresiasi penampilan 10 finalis dalam babak final Lomba Stand Up Comedy "Bodas" 2022.

Menurut Taufik, penilaian mengacu pada materi stand up comedy yang disampaikan, termasuk bahasa Sunda yang digunakan seluruh peserta. "Secara keseluruhan mulai dari video (audisi) dan finalis tampil offline sudah bagus, bahasanya juga bagus," katanya.

Senada dengan Taufik, juri lainnya, Kamaludin  (Kamal Ocon) pun memberikan acungan jempol, khususnya kepada para finalis yang telah tampil. Menurutnya, para peserta berhasil tampil percaya diri."Para peserta mampu menyembunyikan rasa gugup. Tapi catatannya, banyak juga yang belum terbiasa berkomedi sehingga banyak peserta hanya menjelaskan tentang dirinya sendiri," kata Kamal. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA