Senin 14 Mar 2022 18:11 WIB

Gelar Operasi Pasar, T Care dan Apical Salurkan 36 Ton Minyak Goreng Murah

Program ini mendapat apresiasi dan dukungan penuh dari Walikota Jakarta Timur,

T.CARE menggandeng APICAL menggelar operasi pasar minyak goreng murah di wilayah Jakarta Timur. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk memastikan adanya stok minyak goreng dengan harga terjangkau. Pada tahap pertama ini, tercatat 18 kelurahan di wilayah Jakarta Timur mendapatkan fasilitas operasi pasar minyak goreng murah
Foto: istimewa
T.CARE menggandeng APICAL menggelar operasi pasar minyak goreng murah di wilayah Jakarta Timur. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk memastikan adanya stok minyak goreng dengan harga terjangkau. Pada tahap pertama ini, tercatat 18 kelurahan di wilayah Jakarta Timur mendapatkan fasilitas operasi pasar minyak goreng murah

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA--T.CARE menggandeng APICAL menggelar operasi pasar minyak goreng murah di wilayah Jakarta Timur. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk memastikan adanya stok minyak goreng dengan harga terjangkau. Pada tahap pertama ini, tercatat 18 kelurahan di wilayah Jakarta Timur mendapatkan fasilitas operasi pasar minyak goreng murah.

Di antaranya Kelurahan Batu Ampar, Kramat Jati, Cililitan, Kayu Manis, Cibubur, Ciracas, Susukan, Rambutan, Cipinang Melayu, Kebon Pala, Pinang Ranti, Lubang Buaya, Cilangkap, Munjul, Pekayon, Kalisari, dan Cijantung. Program operasi pasar ini berlangsung dari tanggal 14 – 19 Maret 2022.

Baca Juga

“Sejak awal kami memang sudah banyak turun langsung dalam berbagai program di masyarakat. Dari sana juga kami banyak mendengar keluhan dari masyarakat mengenai tingginya harga minyak goreng di pasaran. Akhirnya setelah berunding cukup panjang, kami dipertemukan dengan APICAL yang punya concern yang sama hingga akhirnya tercetuslah program operasi pasar minyak goreng murah” ungkap Reby Bagja selaku Sustainable Head T.CARE. 

Program ini mendapat apresiasi dan dukungan penuh dari Walikota Jakarta Timur, Bapak Muhammad Anwar. Menurutnya, program operasi pasar yang diinisiasi oleh T.CARE ini sangat baik dilakukan mengingat kondisi kebutuhan bahan pokok terutama harga minyak goreng yang kian meningkat. Beliau juga melakukan kunjungan kerja bersama Ibu Dyah Anwar, Ketua TP PKK Jakarta Timur di Kantor Kelurahan Cililitan untuk memantau operasi pasar minyak goreng ini sesuai dengan prosedur maupun protokol Kesehatan. 

Sebagai upaya dalam mengantisipasi terjadinya penimbunan di masyarakat, T.CARE bekerjasama dengan PKK tingkat kelurahan untuk melakukan pendataan calon pembeli dengan melakukan verifikasi KTP, pengisian formular pembelian, maupun penggunaan kupon pengambilan minyak goreng murah. Setiap calon pembeli memiliki kapasitas pembelian maksimal 4 liter dengan harga Rp.13.500/liter untuk kemasan sederhana dan Rp.14.000/liter untuk kemasan premium. Targetnya sebanyak 36 ton minyak goreng murah dapat tersalurkan pada tahap pertama ini. 

Tentang T.CARE

T.CARE adalah lembaga filantropi yang melakukan aktivitasnya dengan pendekatan konsep super ekosistem NATAKOTA, di mana konsep ini fokus pada memunculkan karakter unik (tematik) pada setiap wilayah untuk dilakukan pengembangan dari aspek lingkungan, pendidikan, kesehatan, kemandirian ekonomi dan mitigasi kebencanaan yang berkelanjutan.

Berbagai program pemberdayaan dilakukan di masyarakat salah satunya Program Jelantah Bawa Berkah atau yang lebih dikenal dengan Donasi Jelantah. Program ini melibatkan berbagai seluruh lapisan masyarakat melalui Relawan Natakota (Renata) yang bergerilya dari rumah ke rumah meliputi edukasi mengenai bahayanya penggunaan minyak jelantah bagi kesehatan dan lingkungan hingga munculnya gerakan kolaborasi #PahlawanLingkungan.

Hasil pengumpulan donasi jelantah dari rumah tangga ini akan diekspor untuk dijadikan biodiesel. Sedangkan hasil dari ekspor tersebut dikembalikan kepada warga dalam bentuk bantuan sosial, pendidikan bagi 20 rumah belajar anak yatim piatu serta program pemberdayaan masyarakat lainnya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement